Tuesday, December 6, 2011

STRANGULASI istilah apa itu?


STRANGULASI

Lecture by : dr. Akhmad Makhmudi, SpB, SpBA

Reagan Resadita

Jika kau ingin melihat keajaiban, maka jadilah keajaiban

Bismillah Arrahman Arrahim

Sebenernya inti kuliah ini tuh sama kayak yang dulu dulu beliau kasih ke kita waktu blok 2.1, slide nya juga dewa, perasaan sama terus slide nya.. hhaaa. Maaf kalo pada berharap sama HSC ini, soalnya emang waktu kuliah gaje dan gak ngejelasin yang di slide.

Strangulasi atau vascular compromied adalah keadaan dimana vasa dari suatu saluran terjepit sehingga terjadi hipoksia jaringan sampai anoksia jaringan. Misal pada GIT, angina pectoris, angiopathy perifer pada diabetes. Gejala yang ditimbulkan pada strangulasi adalah nyeri yang continous. Apabila sudah ada gejala strangulasi ( nyeri colic berubah jadi continous) , gold period untuk dilakukan surgical emergensi adalah max 6 jam. Kalo gak ususnya udah keburu iskemik dan mati.

Kalo dari bagan dewa di slide itu, kita bisa tau kalo organ abdomen itu ada yang hollow viscus (berlumen : tuba fallopi, GIT, ureter, traktus billiaris dan traktrus pankreatikus) dan solid (ginjal, hepar, spleen, pankreas, de el el)

Hollow viscus organ akan menunjukan gejala kolik pain (jangan tanya kolik pain itu kayak apa.. rasakan sendiri haa) apabila masih belum ada strangulasi. Gejalanya jika di GIT akan ada obstipasi, distensi, dan mual muntah à syok hipovolemik -> nyeri kolik. Jika pada akhirnya terjadi strangulasi, maka akan terjadi vascular compromised dan menyebabkan kematian jaringan usus, trus jadi nyeri continous, bisa intususepsi atau malah peritonitis (kalo sampe perforasi) secara konsep gambar, bisa liat di skema dibawah.


Seebelum mengetahui adanya kelainan congenital yang kasat mata (kelainan organ dalam-red), kita pasti memerlukan anamnesis dan beberapa pemeriksaan penunjang, karena segalanya akan lebih mudah ketika sudah tersistematis. Hal ini harus kita bedakan menjadi kasus medical atau kasus bedah, nah kasus bedah sendiri terbagi menjadi elective dan emergency.

1. Anamnesis : (dari anamesis bisa mengdapatkan info sebanyak 80%, kalau kita bisa menganamnesis secara benar berarti kita mengerti patofisiologi.

- keluhan utama apa? Misal sulit BAB dan distensi abdomen

- Sejarah kesehatan pasien : adakah trauma, biasanya kalo ada yang bermasalah itu nanti solid organ.

- Lokasi nyeri, apakah somatik atau visceral (konfirmasi dng palpasi, kalo visceral pan, ditekan gak sakit)

- Suruh ceritain nyerinya kayak apa? Apakah terus2an atau hilang timbul

2. Pemeriksaan fisik :

- Inspeksi : distensi, caput medusa, kemerahan, tanda herniasi

- Auskultasi : hiperperistaltik, atau malah gak ada suaranya

- Perkudi : tympani, dull, shifting dullness, atau malah sonor

- Palpasi : tender, rebound tenderness

- rectal touche : nyemprot cairan?, atau ada hematoskezia?

3. Pemeriksaan penunjang :

· Laboratory: blood, urine

· X ray’s – plain abdomen(foto polos) & contras (liat letak ileusnya untuk nentuin jenis foto mau pake OMD atau enema, trus kalo yang enema bisa juga jadi terapi non operatif kalo misalnya terjadi intususepsi yang masih ringan)

· USG ,

· CTscan – MRI

Intususepsi

Disebut juga intussusceptum jika di proksimal, atau intussuscipiens jika di distal, biasnya idiopathik, paling tinggi pada anak usia 5-9 tahun dengan rata rata usia pasien 7 bulan, pada pria lebih banyak. Lokasi terbanyak adalah di ileocolic (dkt katup ileocecal) bisa juga di ileoileal, cecocolic, jejunojejunal.. gejala yang timbul biasanya nyeri yang sangat dan hematoskzia. Satu hal yang perlu diketahui jika pada intususepsi anak, anak akan terlihat seperti kejang, jadi jangan sampe salahdiagnosis.

Diagnosis nya ada kriteria, minimal 2 kriteria mayor saja, atau 1 kriteria mayor dengan 3 kriteria minor, atau 4 kriteria minor.

Kriteria mayor ada seperti berikut


Krieria minor seperti ini..


Ending dari cakul ini adlaah maaf apabila ada kegajean yang terjadi, saya sedang malas nih seminggu ini.. trus yang jangan lupa juga adalah sbg dokter umum harus bisa bedain mana kasus bedah dan mana kasus interna.. kalo misalnya lupa bisa dibuka catkul saya yang berjudul CONGENITAL ANOMALY AND NEUROSURGERY blok 2.1

Semoga bermanfaat. Alhamdulillah

If You wanna lose weight, stop eating. Fatty!!

If you wanna make money, work your ass off. lazy !!

If you wanna be happy, find someone you like and never let her go

From movie : _Friend with Benefits_

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...