Monday, September 13, 2010

clinical reasoning of friendship





PERSAHABATAN

Definisi : adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. gampangnya sih persahhabatan tu gak karena sekali mendkung, salng membutuhkan, dan saling menhormati. persahabatan juga gak perlu di proklamirkan seperti pacaran, mereka akan merasa saling memiliki satu sama lain, tanpa harus ada persetujuan di dua belah pihak, mereka akan merasakan antara satu sama lain.

sign and symptom :

>> sering pergi bareng
>> sering makan bareng
>> saling cerita hal hal yang menarik
>> dalam sehari bisa bersama lebih dari 8 jam
>> u/ alay di jejaring sosial sahabat mereka menempati relasi sibling
>> suka ketawa bareng bareng yang orang gak bisa ngerti
>> selalu ada di list setelah keluarga
>> dan lain lain

faktor resiko :

-- memiliki hobbi yang sama
-- ngerasa cocok aja
-- suka ketemu dan suka crita
-- takdir
-- ada kejadian yang mendekatkan mereka

treatment :
.. menjadi pendengar yang baik
.. suka saling memberi hadiah
.. rajin rajin mentraktir temen(harus saling ya!)
.. jaga silaturahmi
.. berbagi(bukan berbagi pacar)

hahaha penulisan cara diatas jadi inget cara penulsan di buku "family medicine" ahahha

persahabatan itu merupakan hal yang asik deh.. dengan persahabatan kita bisa memiliki banyak hal yang menyenangkan dan menyedihkan bersama. proses persahabatan tidak dimulai dengan begitu saja. proses persahabatan bisa diibaratkan seperti merangkai PC. dari potongan potongan cerita dan kesamaan, dirangkai sedemikian rupa sehingga bermakna dan memiliki banyak fungsi.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…




Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.


engkau akan merelakan sesuatu yang engkau hargai untuk sesuatu yang lebih engkau hargai

bumbu bumbu persahabatan

*salng mendukung satu sama lain*
suatu ketika cerita gw sedang bete dan merasa gak mampu menjalani semua ini, datang lah sms lah nila " nil, gw kangen banget sama orang tua gw, pengen pulang, epngen pindah kuliah ke jakarta aja biar deket" dia bilang " gan, kita kan sama sama disini, ada gw, ada akbar, kita semua sama disini merantau, kesepian, kita bisa saling mengisi, lw bisa anggep gw si "mami(panggilan ke nyokap gw)", asal jangan suruh gw pake baju daster nyokap lw aja" sms ini sunguh melegakan sekali. membantu dan mendukung kelancaran study gw selama di jogja

*memiliki waktu untuk yang lain"
tak kalah penting dari persahabatan itu sendiri, seorang sahabat selalu bersedia meluangkan waktu untuk sahabatnya

contoh : ketika si gw sedang sakit, dan si denny hanya memiliki waktu 1 jam sebelum les, si denny bersedia merelakan waktu istirahatnya yang satu jam untuk mengantar gw ke klinik kesehatan.

ketika si denny sedang ujian dan gw memiliki waktu luang di sela sela waktu belajar malamnya, gw bersedia belajar menemani si denny sampai larut malam, agar si denny tidak tertidurdan sukses ujian besoknya..

menurut gw sh itu salah satu contoh yang keren

* saling mentraktir satu sama lain(memberi hadiah juga boleh *

disuatu pagi yang cerah dimana saat gw harus menjemput pacar gw sehabis evakuasi TBMM gw menyambangi tempat nasi kuning. gw beli lah buat kami bertiga gw, mas alung, denny. waktu pulang makan lah kita bertiga, rame rame.... lanjut ke sunmor masih dihar yang sama... giliran denny yang beli Es kelapa untuk kami bertiga.. hihihi cape kan abis jalan jalan. berhubung masih haus mas alung beli es tebu(favorit banget nih kayaknya) eh kita di beliin juga loh.. liatkan.. saling mentraktir itu bisa bikin kita makin akrab loh.. hihi walau mungkin gak seberapa, tapi lihat ke"ikhlas"annya ditengah himpitan ekonomi anak kost, masih bisa saling traktir. hihih

*selalu punya base camp"

gw, yue, alin--> sahabatan dari jama SMP, tiap pulang liburan, tempat ngumpul sejati adalah di rumah alin.

gw, nila, akbar --> serasa kayak keluarga di jogja.. paling lucu naik sepeda bertiga.. akakak alun alun selatan adalah saksinya,.. sering ngumpul di kost gw ampe tengah malem.

gw, mas alung, denny --> ama mereka nih isinya ketawa mulu, tapi kalo udah seriius beuh pinternya pada kilatan deh.. seringnya ngumpul di kamar mas alung

gw, nova, fitra, bgel--> ya rumah nova lah basecampnya.. hihihi

gw n nardi --> dikosan gw nih, belajar, ketawa, nonton, gitaran. hahah

* hal hal lain yang gak bisa dikategorikan*
--> ketika denny sedang ada keluarga dkamar kostnya, mas alung merelakan tempatnya dgunakan untuk belajar oleh denny. walau akhirnya si denny dicuekin nonton tv ama tidur. hihih
--> ketika nova nelpon gw malem malem(mau curhat katanya) saat gw lagi belajar, ya gw dengerin sambil tetep baca buku.. wwkwk walau kadang gak nyambung jadinya tai gw masih bisa ambil inti inti ceritanya
--> saling mengejek satu sama lain.. ini kerjaan gw sama semua sahabat gw.. yang paling intens gw ledekin sekaran adalah mas alung dan denny.. hahaha
--> waktu si nila lg ada sesuatu hal, dia minta anterin gw ke tempat temen ceweknya, ya udah gw anter deh, walau besoknya gw responsi histo, demi teme coy. waktu si nila mau nonton miss indonesia, si akbar mau jemput dan ikutan nonton di kosan gw. berhubung kosan gw ada tvnya.. hihih. keren kan
-->bersedia melakukan hal yang dilarang hukum. suatu ketika waktu smp si alin gak masuk, daripada di absen dan kena SP. si yue bikin deh surat izin sok sokan atas nama ortu, dan gw yang tanda tangan sebagai bapaknya. ini hal gila banget
--> sebelum gw berangkat ke jogja, alin ke medan, yue ke bandung, kita sempet jalan jalan ke mol ceritanya. trus dengan iseng foto sama mba mba yang jaga di store baju, trus dia bilang "jangan mas, mba" tapi kita maksa, alhasil kita dimarahain satpam dan managernya dan jadi most wanted dimol itu. hahahah ini beneran gila
gara gara nih foto, gw maral, yue kena marah ama security di mataghari departement store.. huft, asem emang marahin kita, padahal mbaknya aja udah eksist gitu

--> saat mahasiswa pada demo hari anti korupsi se dunia di Km 0,0 jogja, eh gw sama nardi malah ke kejaksaan dan pengadilan sleman buat ngambil sepeda nardi yang hampir di curi, dn itu jauuh banget,di jl. magelang km 10, kita malah ketawa ketawa di kejasaan nungguin surat pengambilan, dan ngobrol sama orang orang di kejaksaan. dan yang lebih heboh lagi si nardi pulang dengan menggoes sepeda sampe rumah.. wew

--> datang ke acara yang kita sama sekali bukan isi komunitas tersebut. pas lagi ada acara di FKG gw, nila, gembul dateng buat ikutan nonton.. hahah bikin heboh lagi dengan berkomentar dan sok sok kenal.. ahhah
lokasi: FKG
status : tak diundang
kegiatan : membuat kekacauan


dan banyak lagi cerita cerita aneh

terakhir buat para sahabatku ini adalah kupon gratis buat kalian

chatting via YM dan FB berlaku selamanya
pegaktifan kuping untuk mendengar cerita kalian apapun yang akan kalian bicarakan berlaku selamanya
ngelawak dan menghibur kalian dengan hal hal gila berlaku selamanya
berobat gratiss berlaku setelah saya menjadi dokter ya!! doakan

terimakasih kepada orang yang sudah mau menjadi sahabat saya selama ini

last one

" you just call out my name
and you know whenever i an
i'll come running to see you again
winter, spring, summer, or fall
all you got to do is call
and, i 'll be there, yes i will
you've got a friend..."
(james taylor : you've got a friend)

Reagan Resadita

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...