Tuesday, August 7, 2012

Lonely Traveler : karena traveling sendiri itu menyenangkan #karimunJawa Part 4

Konon bumi ini milik mereka yang mau berhenti sejenak, untuk melihat lihat, dan meneruskan perjalanan –anonymous

       Katanya bumi ini milik mereka yang mau berhenti sejenak untuk melihat lihat, dan meneruskan perjalanan. Ya bisa dibilang begitu. Berhenti sejenak di suatu tempat, menikmati kebudayaan, pariwisata, dan keramahan penduduknya bisa dibilang melihat lihat.
          Hari ini hari terakhir di kepulauan karimun jawa. Semalam mas Yusuf bilang kalo kita jam 6 pagi harus udah siap, karena kapal udah siap dari jam segitu. Okee semua siap. Bangun jam 5 pagi, hari ini juga tetep gak rebutan kamar mandi, disinyalir banyak yang kagak mandi. Xiixixix, tapi gw sih ttp mandi, krna punya rencana kepulangan yang belom jelas dan gak tau bakal sampe jogja jam berapa.
          Singkat cerita, berangkat jam 6 ke kapal. Gw, mba In, Obed, Tiwi, Horas, Horis, Ka Tya, dan Ferra serta Adi berangkat duluan, maksudnya sih biar bisa ngetag kursi di kapal. Pas perjalanan naik mobil ke kapal, jalanan masih sepi belum terlalu rame, kecuali anak anak STIP pelayaran yang jalan juga ke kapal. Di mobil gw positif thinking banget, kalo kita adalah orang orang pertama yang naik kapal. Hahahaha. Sampe di pelabuhan juga masih Nampak lengang, ternyata benar, di pelabuhan sepi, besar kemungkinan kita dapet tempat duduk.
      
bangga menyatukan nusantara


Suasana Lambung Kapal penuh orang, bahkan ada sapi

pada duduk diatas rumput laut berkarung karung, hahah udah kayak pengungsi aja
  
           Buru buru naik kapal, ternyata di atas kapal udah rame banget #tepokjidat. Salah banget kalo perkiraan kita KEPAGIAN , yang bener kita KESIANGAN. Nyari tempat duduk diatas dapet Cuma sesuai jumlah orang kita yang berangkat duluan. Akhirnya kita gak bisa ngetag buat yang belum berangkat. Dan disinyalir mereka duduk di bawah, di atas tumpukan rumput laut, begitu kata mba In sambil ketawa ketawa. Akhirnya kita misah jadi dua grup deh. Yang Satu terlantar, satu terlantar banget. Hahahaah
6 jam diatas kapal, gak banyak yang bisa dikerjain. mana yang duduk depan gw itu pacaran lagi, tidur bersandar di bahu pacar nya, trus cowoknya tidur di kepala pacarnya, mirip sama adegan film apagitu, harusnya mereka ngerti adab sesama makhluk berasmara. Errr.
Ngantuk, tapi gak bisa tidur, karena suara berisik dari TV yang nyetel DVD wakrop Dono Kasino Indro. Emang ya ini film mereka walau jadul tapi tetep aja kocak. Kalo dipikir pikir, udah puluhan kali nonton tapi ttp aja bikin ketawa. Yak selama 6 jam Cuma tidur tidur sebentar, trus nonton,trus makan, trus tidur lagi, ya begitu aja 6 jam. Sambil sesekali ngobrol sama mba In dan ngeliatin yang pacaran di depan mata.
6 jam berlalu, akhirnya gw main juga ke bawah cari angin, daratan utama udah keliatan di ujung sana. Pas main kebawah, eh bener ternyata anak anak yang lain pada duduk duduk diatas karungan rumput laut. Pas mereka ngeliat gw, mereka triak2, nyuruh gw ksana…. Lah gw bingung gimana caranya muter kesana, parkir kendaraan di bawah kapal ini bener2 rapet, body sebesar gw gimana bisa lewat. Haa pengen banget nyamperin mba mey, mas bintang, mba devi, mas yudi, mas yusuf, alfa dan aryo. Kayaknya Cuma gw yang terpisah dari rombongan orang orang gaje. Hoeek.

Berhubung gw kaga bisa nyamperin yang lain, akhirnya gw menikmati angin laut dari tangga. Huaaahh liburan kali ini beneran berkesan deh, setelah beberapa waktu sibuk sama urusan yang selalu berhubungan dengan akademik, bosen lah ya, kerjaanya Cuma belajar, kuliah, praktikum, penelitian, sesekali pkm, sering nya ngolah data penelitian. Emang sih penelitian yang gw lakuin menjanjikan trip ke Europe tapi ttp aja masih belom jelas untuk dana keberangkatan dan lain lain… aarrrgghh kenapa juga pikiran balik lagi ke hal hal begituan. Cukup nikmati aja angin laut yang menandakan liburan ini akan segera berakhir.

Mba In dan Mba Defi Berpose

Muka gosong, tapi tetep berposedonk


 Merapat di pelabuhan kartini jepara menandakan berakhirnya penderitaan karena ngeliatin yang pacaran di depan gw, dan juga menandakan berkahirnya liburan bareng anak anak heavy rotation. Ketemu di jalan, seru seruan, gila gilaan dan GOSONG bareng.. gak mungkin keulang tuh, tapi siapa tau ya bisa jalan bareng lagi. Hahaha
Sampe di jepara, sebelum semua ngumpul jadi satu lagi, mas Yusuf, Aryo, dan Alva udah di jemput travelnya ke solo. Rasanya dada ini masih rindu #keplakable #sokMellow #hahaha. Gw mas bintang, mba mey, mba in, mba devi, mas yudi, dan rombongan obed Cs. Duduk dulu di warung makan, sambil ngeteh, sambil makan siang, sambil meredakan system vestibular yang rasanya masih goyang kesana kemari.
Jam tangan menunjukan pukul 14.30, padahal gw sama mba In dan mba Devi masih mau ke bangunan besar berbentuk penyu, kalo gak salah namanya ocean park deh. Kata mas yudi yang udah pernah masuk ke sana sih, biasa aja. Cuma ya lumayan lah ya buat refreshing terkahir, karena jadwal liburan gw kan Cuma sampe hari ini (17 juli 2012) padahal 17 juli masih ada sampe nanti malem jam 12, yang berarti masih hak liburan, sebelum kembali ke rutinitas.
Berhubung mba Mey dan mas bintang juga ke jogja, gw bilang ke mereka, kalo mau bareng, tungguin gw balik dari ocean park. Walau gw juga kagak tau gimana pulang nya. Hahaha. Setelah sungkeman dan pamit, pergilah gw mba in dan mba devi, sambil titip barang ke mas yudi.
Perjuangan pertama menuju ocean park adalah mencari jalan muter, dan ada celah dari pagar mungkin Cuma selebar 20-30 cm, dan mba devi serta mba in lolos masuk dengan sukses, lah gw, badan segede container, nyelip. Dengan susah payah dan doa serta mukjizat akhirnya bisa lah gw nyelip,, yeaah.. terakhir nyelip pager kayaknya waktu SMA itu juga bisa karena dulu badan ku tak begini, namun semua berubah ketika Negara api menyerang (avatar kalee)
Jalan lumayan jauh, dan untung belom tutup dah itu ocean park. Meski tidak dipungkiri bahwa kami adalah 3 manusia terkahir yang masuk ocean park, dan di dalam sepi banget. Hahahaha lumayan dah ngadem di tempat ber AC. Koleksi ikan nya banyak, mulau dari ikan badut warna orang, sampe yang belang belang, ada penyu juga, ada Hiu, barracuda, dan lainlain, yang gw kagak tau namanya apa. Jepret sana jepret sini, narsis sana, narsis sini, sampe batere HP menunjukan Low. #nekad
Muter ocean park ternyata gak luas luas amat, Cuma ya emang bangunannya bagus. Ada satu arena underwater world, disini ada HIu dan penyu. Susah nya mau foto makhluk ini, lari sana sini, gak di penangkaran, gak di ocean park, gak ada hiu yang mau foto ama gw. Hiks hiks..
Lumayan lah, dengan 12.500 bisa masuk ke tempat ini, kapan lagi coba ke jepara dan liat yang beginian. Gak kerasa jepret sana sini, ternyata udah mau jam 4. Dan kita adalah orang terakhir yang keluar #asUsual , buru2 keluar deh. Udah di bbm mas yudi juga kalo di pelabuhan udah sepi, dan kita harus ngejar bis. Mereka sih ngejar bis, lah gw sih belom tau mau ngejar apa, mungkin mengejar cinta #eh



Hayo ini ikan apa coba?




Tetep harus berpose, karena dokumentasi adalah segalanya

 Sampe di pelabuhan, gw kaget setengah mampus, karena gw ditinggal sama mas bintang dan mba Mey, trus gw nangis Bombay ala India #lebai #alaytingkatDewa, biasa aja sih, gw aja yang lebai, ahahaha. Emang beneran sisa kami berempat coba. Trus foto 2 deh bentar, karena kami berempat lah yang bener bener lonely traveler, sendiri, ketemu di pelabuhan, berpisah di pelabuhan juga. Kalo kata mas yudi, dermaga saksi kita, alah alah. Ahahahha
Nyetop 2 becak, dengan formasi gw+mba Devi, mba In+ mas yudi, umplek umplekan di becak kecil, plis kaga usah bayangin bentuknya gimana gw yang segede alaihim gambreng ini duduk sama mba devi. Pokoknya kocak deh pake acara nyangkut pantatnya pas mau keluar. Untung pelabuhan ke terminal deket mungkin Cuma satu kilometer.


sempet udah mau berangkat berpose dulu

sambil becak jalan, difoto dari becak sebelah
 Sampe terminal, kita mencar, mba In ke Surabaya, mba devi dan mas yudi ke Jakarta, gw ke… kebingungan, gw bingung cari bis ke semarang. Hahaha dengan batere yang sekarat, gw tambah bingung, tapi tenang aja. Traveler sejati katanya gak punya rencana yang pasti #pembelaan. Ahaha pembenaran aja ini sih. Wkwkwk
Akhirnya gw naik bis yang menuju bandung, karena berhenti di terboyo, estimasi waktu, jam 8 nyampe semarang, dan udah gak ada bis ke jogja tentunya. Ya biarin deh tinggal begadang di terminal kayak biasa wkwkw. Diterminal jepara itu lah kita ber4 bener bener pisah, hhu sedih, masih pengen liburan, tapi kita harus menghadapi realita, bahwa banyak kerjaan yang ditinggalin di jogja.
Perjalanan naik bis tidak begitu seru, karena sendiri #alahbiasanyajugasendiri yang jelas gw numpang ngecharge Hape di bis. Ahahah lumayan kan numpang ngecharge sampe full. Berhubung estimasi sampe semarang udah malem dan gak dapet bis ke jogja, makanya gw sms temen gw di semarang, rencananya sih minta jemput trus numpang nginep gitu, trus mau perpanjang masa liburan. Ahahaha niat abis dah. Temen gw sih udah setuju, Cuma gw bilang semoga aja gw dapet bis biar kaga ngerepotin.
Sampe semarang ternyata baru jam 7.30 lebih cepat dari pada perkiraan, hahaha sampe terboyo, ternyata lagi mati listrik. Alahmak, gelap bener ini terminal gw pikir turun di kuburan. Akhirnya gw ketemu pak ahmadi, tukang ojek di terminal ini, berhubung gw punya waktu ekstra, akhirnya gw bilang begini “ pak, saya mau ke jogja,masih ada kah shuttle bus? “ trus pak ahmadi bilang “ masih mas, sampe jam 9 masih ada dari jalan pemuda” “ siip pak, kalo gitu saya mau muter2 semarang dulu, ke kota tua lumayan kayaknya hahaha”. Kalodi pikir pikir gila juga ya gw nekad, tapi bodo lah, gw kan liburan. Kalo ketinggalan bis ya tinggal sms temen suruh jemput #gaktaudiri.
Kota tua bagus, sayang banget gak bisa lama lama disana, dan gak bisa berfoto narsis ria. Selesai muter kota tua, pak ahmadi malah ngajakin muter semacam pasar rakyat menjelang ramadhan, menurut gw sih mirip sekaten kalo di jogja. Lumayan bikin macet.
Setelah lumayan puas muter2, akhirnya sampai lah di jalan pemuda, ternyata shuttle bus nya belom datang. Lucu nya di TIC (tourist information center) gw ktemu sama 2 bule yang juga dari karimun jawa. Yup gw inget karena mereka adalah 2 turis yang kulitnya paling merah kebakar matahari yang pernah gw liat. Hahaha. Berhubung masih nunggu bis, akhirnya gw titip barang di TIC #kurangajarkuadrat dan jalan jalan sebentar di balai kota yang deket banget dari situ. Sempet liat liat juga SMA 3 semarang. Di depan balai kota ini lampunya kuning, asyik gitu deh. Pohonnya ada lampu kelap kelip ijo merah. Ada komunitas anak yang main skateboard, Cuma duduk disini menenangkan diri dan flashback beberapa hari yang lalu, liburan yang menyenangkan.
Bis berangkat, dan jam 1 malam gw sampai di jogja. Bersiap kembali beraktifitas sambil membawa semangat baru, mengenal orang orang baru dan membawa cerita baru dalam hidup yang sudah 3 tahun monoton. Thanks to Explore solo dan Heavy rotation team (mba Devi, mba In, mas Yudi, mas Yusuf, mas Bintang, mba Mey, Aryo, Alfa, ka Tya, tiwi, Horas, Horis, Ferra, obed, dan Adi), buat mas Nelayan, pak ahmadi, buat pemilik homestay AW, yang udah bawain bekal karena gw vegetarian, dan thaks to Allah SWT yang menciptakan dunia ini yang indah. See you next trip

gw(jogja), mba Defi (jambi), mba In (malang), mas Yudi (Jakarta)
kapan lagi bisa ketemu orang asyik2 gini hhaaa
sampai ketemu di trip selanjutnya

Seperti hal nya pertemuan, perpisahan pun tidak ada yang abadi, 

suatu saat kita jumpa lagi guys! mungkin di heavy rotation part 2 dengan videoclip yang lain. Di pantai yang lain. Aamiin
Cilegon, 3 agustus 2012

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...