Friday, November 9, 2012

Lonely Traveler : Sepedaan sendiri ke pantai? siapa takut


Lonely Traveler : Sepedaan sendiri ke pantai? siapa takut

Gw suka tempat yang sepi, kadang saking sepinya bikin begidig sendiri
suasana pantai parangtritis saat pagi

Pantai sepi adalah salah satu tujuan gw dalam traveling, atau sekedar menikmati taman kota yang cantik, tapi harus tetap sepi. Masalahnya pantai sepi di jogja itu jauh, dan pantai gunung kidul cenderung sudah tidak sepi, kecuali beberapa pantai di pelosok. Haha itu aja gak sesepi pantai di karimun jawa (ya iya lah).

Menurut gw, traveling bukan Cuma sekedar “ just pack and go”. Menurut gw, traveling juga adalah menuju tempat biasa dengan cara yang berbeda. So kita bakal bisa menikmati hal hal yang kadang terlewat kalo Cuma dengan naik kendaraan biasa.

Sebagai seorang Mahasiswa kere, dan suka pantai yang sepi, tapi gak punya duit buat beli bensin, akhirnya gw memutuskan untuk pergi ke pantai parangtritis Naik SEPEDA yak SEPEDA (ditulis gede biar keliatan dramatis). Kendala pertama adalah, pantai parangtritis bukanlah panti yang sepi, so gw haruc cari jam yang bagus biar pas kesana cendrung masih sepi. Hahaha

Akhirnya berangkatlah gw, seorang diri sabtu kemarin, jam 5.30 pagi. Sendiri hanya berdua dengan si Merah (sepeda kesayangan) dan dua botol air minum. Hahaha. Awalnya gw pengen ngelakuin perjalanan ini bareng sama 2 sahabat gw, Rizky Akbar, dan Nila Rizayanti, sayang nya pas gw ajakin nampaknya mereka pikir gw bercanda, jadi deh gw jalan sendiri


Perjalanan sejauh 32 km ini ditempuh dalam waktu kira kira 2 jam tanpa berenti mengayuh sepeda, sepanjang perjalanan yang masih pagi, gw bisa ngeliat aktivitas warga bantul yang masih banyak juga kemana mana naik sepeda ontel. so gak begitu kesepian ya. Hahahaha perjalanan mulus, jalan aspal, dan kendaraan gak terlalu ramai (maklum masih pagi, week-end lagi)

Selama perjalanan,pemandangan sawahnya oke punya, ada ibu-ibu yang lagi nanam pagi, ada mbah mbah yang bawa potongan rumput gede banget, naik sepeda. Sepanjang jalan ya gw Cuma nebar senyum sambil nyanyi- nyayi sendiri.

Jam 7.30 gw udah sampe di pantai, dan sesuai perkiraan masih sepi, Cuma ada beberapa orang, dan beberapa kuda, serta anjing liar. Udara mendung, sempat rintik rintik sebentar selama perjalanan, tapi Alhamdulillah, sampai pantai cerah lagi.
Dipantai satu jam, cukup buat menikmati kesendirian, hembusan angin nya kenceng banget, tapi asyik, ombaknya juga gede, seru banget. Gw dan si merah memutuskan untuk mencelupkan kaki ke air. Ahahaha seru kan, basah basahan mesra berdua sama sepedah, tanpa banyak diliatin orang. Ironis memang, gw nyipratin air ke si merah, tapi dia tidak membalas, dan kita tertawa bersama (mungkin gw sudah mulai gangguan waham. Hahah)
 
Lucunya, pas gw menyusuri pantai berdua sama si merah, tiba tiba ada mas mas yang dari tadi bermesraan foto2 sama pacarnya minjem sepeda gw dengan bilang gini

“ mas, pinjem sepedanya donk, buat foto” >> muka gw Cuma poker face

Dan alhasilnya, dia berfoto bergaya dengan sepeda gw, untung nya ia gak minta tolong fotoin berdua sama pacarnya sekalian, kalo iya, gw hanyutin ke laut juga tuh orang, buat sesajen. Hahah

Kelucuan kedua adalah, saat ada ibu ibu berjalan berdua saja dengan suaminya di pagi yang cerah, dan nyapa gw. “ pagi mas, sendiri aja nih”. Gw pun Cuma bisa jawab “ hehehe, iya bu, saya lagi pengen sendiri nih, sama sepeda saya aja” dan suaminya mentertawakan jawaban gw. Oke ironis

Akhirnya gw menemukan spot yang cukup jauh dari pengunjung lain, SEPI. As I want. Gw duduk, si merah bersandar dengan anggun, trus gw ngedengerin lagunya the-script, yang berjudul “six degree of separation” plus “ breakeven” seketika langit mendung (ini serius) entah karena lagunya galau atau gimana, tapi suasanya mendukung banget. Mendukung buat galau. Ahahaha

Saatnya pulang, sebelum matahari makin panas, dan gw diberitakan hilang (siapa juga yang mau cari gw)

Perjalanan pulang ini luar biasa, karena jalan cenderung menanjak, kendaraan udah mulai banyak, dan tatapan nanar dari orang orang ngeliat ada orang segede gw mengayuh sepeda sendirian makin banyak. Tapi pulang tetaplah pulang, perjalanan pulang cenderung lebih lama dari perjalanan pergi, karena gw ngitung tiap kilometer, jadi berasa capek. Tapi gw bersyukur gw bisa merealisasikan mimpi gw jalan jalan ke pantai naik sepeda, walau sebenarnya kalo gw sepedaan di cilegon, dari rumah ke pantai Cuma 22 km(tapi di sana gak ada sepeda, dan lawannya truk, maklum daerah pabrik), tapi beda aja rasanya.
harusnya sih romantis, kalo jejak kaki nya dua,, ya gak apa apa lah

Puas, Cuma itu gw bisa gw rasain sesampainya di kosan, mungkin orang gak akan percaya dengan cerita ini, but it real happen guys. Gw pergi sepedaan, kepantai, sendiri, dan menyenangkan. Ahahaha

Thanks to mbak mbak di pantai yang udah ngambilin foto gw sama si merah, dan udah mau koprol sambil teriak teriak, “mas nya gilaa, dari jogja ke parangtritis naik sepeda” ahahaha,,

So, are you ready to go biking?




Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...