Thursday, January 21, 2010

UGM Menghasilkan Mahasiswa yang Cerdas dan Berkualitas Baik

UGM Menghasilkan Mahasiswa yang Cerdas dan Berkualitas Baik

Proses pembelajaran merupakan suatu konsep yang sangat kompleks kaitannya dengan bagaimana menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang terjadi menjadi lebih efektif, efisien, dan juga menciptakan suasana pembelajaran yang kodusif dalam artian menyenangkan. Proses ini melibatkan banyak unsur yang termasuk dalam satu lingkungan belajar, baik dosen, mahasiswa, media, dan unsur lain yang menunjang terjadinya interaksi pembelajaran. Bagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada ( UGM ), lingkungan belajar UGM cukup untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang lancar, mulai dari lingkungan fisik, lingkungan ekologis, lingkungan sosial, dan lain-lain. Sebagai universitas besar di Indonesia, UGM memberikan fasilitas yang cukup baik untuk mahasiswa agar nyaman belajar di kampus. Lingkungan fisik yang bersih, rapi dan nyaman. Lingkungan sosial UGM juga nyaman untuk belajar. Proses pembelajaran yang dipakai UGM merupakan sistem Student Centered Learning atau yang lebih dikenal dengan SCL. Proses ini mengharuskan mahasiswa aktif dalam sistem pembelajaran, bukan lagi dosen yang aktif sehingga mahasiswa menjdai lebih aktif mencari kelengkapan materi mata kuliah yang telah disampaikan oleh dosen. Dalam proses mencari kelengkapan materi, UGM sudah memberikan fasilitas yang cukup baik dengan menyediakan perpustakaan di setiap fakultas, dan perpustakaan universitas yang menyediakan informasi yang lebih lengkap. Selain itu UGM juga memberikan fasilitas hotspot area hampir di setiap fakultas, sehingga memberikan kemudahan bagi mhasiswa untuk mencari kelengkapan materi kuliah di dunia maya.
Lingkungan UGM juga mendukung untuk belajar di luar ruangan. UGM mempunyai banyak Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) dan berbagai organisasi kemahasiswaan, fasilitas – fasilitas tersebut dapat digunakan mahasiswa untuk belajar berorganisasi, menambah pengetahuan tentang cara berorganisasi dan juga menambah teman, yang semula hanya mengenal teman sefakultas dengan ikut UKM menjadikan mahasiswa mempenyai lebih banyak teman dari luar fakultas. Dari fasilitas-fasilitas yang disediakan dan sistem pembelajaran yang berlaku di UGM, terlihat bahwa UGM benar-benar memperhatikan lingkungan belajar untuk mahasiswa sehingga UGM menghasilkan mahasiswa yang cerdas dan berkualitas baik. Tidak hanya cerdas dalam hal akademik saja tetapi juga cerdas dalam berorganisasi.



Vina Nurul Husna
09/285390/GE6706
Fakultas Geografi

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...