Wednesday, August 17, 2011

ini cerita OSCE-ku, apa Ceritamu??

OSCE sejenis game apa gitu??

Oke osce itu singkatan dari… hmm.. kalo gak salah, Objective Structured Clinical Examination (mudah mudahan gak salah), ini adalah ujian, bukan game, jadi perlu diingat, ini adalah UJIAN bukan GAME (biar heboh).

OSCE dilaksanakan setiap satu tahun sekali bagi mahasiswa Pendidikan Dokter di FK UGM. Nah materinya ya selama materi setahun belajar, jadi kebayang donk sebanyak apa materinya?

Tahun kedua ini, jackpot banget, kebagian osce di tengah bulan puasa (semoga semua keberkahan bulan puasa membuat nilai osce saya bagus dan lulus semua) hhaa… nah untuk tahun ini kesempatan yang saya gunakan untuk belajar Cuma 3 hari (efektif). Sisanya ya Cuma baca baca materi aja, kebayangkan kenapa stress.. hhaa soalnya materinya bnyk dari prosedur pelaksanaan, clinical reasoning, diagnosis, bahkan sampe treatment. Alah mak, gimana gw kalo jadi dokter beneran??

Hari –H osce terjadi pada tanggal 15 agustus, tepat 2 hari sebelum perayaan hari kemerdekaan Indonesia (lah trus knapa? Hha). Gw kebagian jadwal yang siang, jam 1, dan jack potnya lagi, stase pertama gw adalah IPM (integrated patient simulation) bersama dokter anak dengan kasus demam thypoid. Dx nya aja udah heboh, eh pas pemeriksaan fisik kan emang sebentar, Cuma periksa perut, sama lidah doank,, dan screening nya dibilang terlalu sedikit, pada lembar feedback IPM, ada tulisan

J komunikasi dng pasien cukup baik

L - tidak ditanyakan keluhan mengganggu kehdupan pasien (ya lah, makasnya sampe ke dokter, orang pasien sudah cerita, anaknya sampe gak sekolah)

- pemeriksaan general Untuk screening tidak lengkap (oke gw ngerasa gak meriksa ekstrimitas, kan sianak udah bisa jalan sendiri ke meja pemeriksaan-ngeles.com)

Saran : anamnesis semua aspek, px fisik lebih lengkap

SEMOGA SAJA LULUS

Trus hebohnya lagi gw ditanya Tanya masalah keberlanjutan care, gw bilang cek darah rutin, bisa WIDAL test, sama kultur. Trus ditanya, kultur apa? Kultur feses bisa, darah bisa,,, ditanya medianya segala.. OMG.. parah, ditanya treatment,, >> parasetamol 500mg 0.8.h (dan gw lupa sandi resep untuk “jika diperlukan” .> paraH), sama chloramphenicol, yang ini gw lupa dosisnya.. oh ya Allah trus gw bikin surat rujukan LAB.

Ending nya, dokter anak itu bilang ke gw, rekam medis silahkan di isi, dan lembar rujukan serta resep di kumpul ya, saya mau lihat (jadi bwt tmn2, silahkan isi sebaik mungkin ya)

Stase ke 2 gw adalah NEUROEXAMINATION sama dokter cempaka (kalo gak salah) dokter yang dulu nguju gw juga di bag saraf waktu tahun pertama.. gw kebagian kasus lumpuh sebelah, pasien nya sagat bersahabat (pak yanto, lope yu somuch deh) hhaa…

Pas periksa babinski, hoffman, tromner, dia bisa praktekin semua dng oke, dang w jadi gak kesulitan.

Di lembar feedback stase ini Cuma ada tulisan “ empati sangat baik, dan EXCELLENT”

Wah keluar stase ini gw berbunga bunga banget.. rasanya kayak naik ikan paus akrobatis, menembus langit berlapis lapis, menuju rasi bintang paling manis (SEMOGA LULUS)

Stase ke-3 adalah LAB-exam. Kebagian kasus malaria (mati deh gw), disuruh bikin apusan darah.. oke ini bukan masalah, pas ditanya kadar GIEMSA brp? Gw ingetnya 20 %, padahal harusnya 1:50 (alias 2%) atau 5%.. wah mati deh gw. Trus suruh liat mikroskop, menentukan ini jenis malaria apa, baik dari apusan tebal atau tipis. Pas disuruh ngitung angka parasitemia nah loh gw bingung, trus ditanya treatment juga lagi, mati bener bener mati gw, obat malaria kan BUANYAK BANGET.. untung gw jawab dng PD, trus ditanya stadium hipnozoid, de el el, untuk gw cukup akrab sama prof Yoko (bag parasit) jadi waktu praktek sempet nannya banyak, dan belum lupa..

Di lembar feedback tertulis : baik, pelajari lagi terapi ya.. (SEMOGA LULUS)

Stase ke-4 gw adalah STD exam,, oke ini adalah stase yang cukup berat, dimana ada kemungkinan PAP smear, STD pria/wanita, jadi total ada 7 kasus dan keluar 1 kasus.. dan begitu ngeliat pasien di dalam adalah pria, gw sangat senag dan PD sekali.. haaa (lebih gampang soalnya)

Stase berjalan lancar, pake lupa lupa sedikit dan gak ngeliat foto penyakit jadi sempet ditegur “ itu loh dek, yang dideskripsikan, dari foto) hhaa.. sorry dok, I didn’t see that thing

Di lembar feedback tertulis

J - komunikasi sangat baik, 2 arah, menjaga komunikasi selama pemeriksaan

- anamnesis cukup lengkap, ekl=plorasi lebih lanjut gaya hidup, kebiasaan pasien apakah paka kondom, atau keluhan lain

- urutan pemeriksaan sudah tepat

- edukasi à hub sex bersih

Dan tidak ada feedback L.. hhaa alhamdulilah SEMOGA LULUS

Stase ke 5 adalah stase EYE dan ENT

Pasien mata susah banget di arahkan,, tapi oke dalam 5 menit gw bisa melakukan ini semua, dokternya lucu lagi, pasiennya sangat mendalami peran, dang w bingun soalnya gak bisa nulis rekam medis, (karena gak disediain).

Pada lembar feedback tertulis

J -pemeriksaan sitematis

- pendekaatan pasien sangat baik dan informative

- percaya diri dan tenang

Saran : jangan lupa periksa visus pada keluhan mata (kan gak disuruh di scenario, dan waktunya gak cukup) hiks hiks

Ya begitulah, semoga lulus

ENT exam.. dokternya komentar namanya bagus nih, harusnya cerdas kayak Ronald Reagan.. trus gw pake acara jawab Aamin.. hhaa untuk pasiennya sendiri menurut gw sih mirip Limbad (gak penting banget) hhaa… trus dibilang pemeriksaan fisik gw terlalu lama.. ya maaf dok..semoga lulus deh

Stase berikutnya adalah Baby delivery.. oke sebagai orang yang pengen jadi dokter obsgyn, gw masuk stase ini langsung kernget dingin, soalnya tiba tiba gw lupa sama langkah langkah nya (ditambah dokter yang menjadi penilai adalah dokter rosalia yang pernah jadi tutor gw selama tutorial, jadi gw tau beliau orang nya kayak gimana) OH MY GOD.. oke gw memulainya dengan bismillah, lalu cek alat, dan sepertli langkah biasa. Singkat aja ya, gw gak mau terlalu mengingat banyak stase ini, karena menyakitkan (gaya sinetron Indonesia yang close up se kepala doank)

Pada lembar feed back tertulis

J cek alat dengan sangat baik

L cuci tangan dengan benar (padahal gw udah sesuai prosedur loh, mungkin beliau gak liat)

Cek Denyut jantung janin (oke emang gw gak ngelakuin, panic mode on)

Cek cara urut dan klem tali pusar (perasaan udah sesuai yang diajarkan)

Deklorinasi alat (udah kok, Cuma gak bilang aja disimpen di klorin.. hhaa –ngeles.com)

Saran : ajarin bantu Inisiasi menyusui dini. Semoga lulus

Stase berikutnya adalah IMLANT

Sebelum memasuki stase impant ini, cukup saya beritahu bahwa selama stase ini saya lah yang paling sering di lempar lempar, karena keluar paling akhir.. derita deh,,,

Stase impan ini berjalan sesuai rencana, dan disarankan untuk cuci tangan pasca prosedur (padahal udah kok) ya begitulah,, cukup berkesan. semoga lulus

Stase selanjutnya adlaah NEonatus resuscitation, yang berlangsung tidak lebih dari 5 menit, dokternya baik bgt… semua berjalan lancar malah dapet pujian udah bagus banget kok, excellent. Dlu siapa yang ngajar?? Disuruh rapihin alat alat dlu lah.. pokoknya oke.. alhamdulilah, semoga lulus

Stase berikutnya adalah BSE

Stase yang cukup oke, karena gw Cuma harus menjelaskan aja. Dan pengampunya adalah doker morita yang baik itu… huwooo..,. asikk

J profesionalisme bagus sekali, interaksi dokter pasien bagus sekali, anam nesis bagus, penjelasan tentang BSE baik dan benar

L perlu menjelaskan bahwa gerakan jari kecil2 melingkar tumpang tindih dan tiga macam ekanan, perlu menjelaskan pengamatan payudara pada 5 posisi.

Saran : good, keep up, keep practice…

Alhamdulilah, semoga lulus

Stase terakhir, jeng jeng jeng sirkumsisi.. huwooo galauu silahkan galau, kenapa, karena gw adalah orang terakhir yang masuk stase ini,, ya bagaimana tidak, kami ber3 terlambat 20 menit masuk stase akibat salah satu dokter ada yang terlambat, sehingga semua harus mengalah bersama. Dan parahnya lagi, dari 3 orang yang terlambat, hanya ada 2 stase sirkumsisi, dang w adalah orang yang cukup beuruntung untuk dapat masuk terakhir (nunggu 20 menit) dan pulang terakhiran untung teman teman setia menunggu gw…

Sebelum masuk gw sempet ngobrol sama bang Raymond, dia bilang suruh sama dr. di Mb1 aja, soalnya baik.. oke baiklah saya mengikuti hal tersebut, dan ternyata benar saja,, semua berjalan lancar, semoga bisa lulus semua stase… huwoooo

Cuma tertulis bahwa : potong benang kepanjangan, sama luka incise lupa dikasih povidone iodine (oke ini emang lupa urutannya, makanya belau nanya pas akhir akhir.. hhaa)

Ah akhirnya perjalanan saya menjadi mahasiwa tahun kedua berakhir sudah, semangat menyongsong tahun ke3 yang penuh skripsi, dan lain lain..

Sukses untuk kita semua…

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...