Sunday, July 22, 2012

Lonely Traveler : karena traveling sendiri itu menyenangkan #karimunJawa Part 1

Life is either daring adventure or nothing

Memutuskan untuk jalan jalan sendiri ke karimun jawa awalnya merupakan hal yang berat buat gw. Jujur, udah hampir 6 bulan lebih gw pengen banget ke sana, mencari pantai yang bersih, pasir putih, pohon kelapa, air biru jernih, sampai angina yang sepoi sepoi. Ahh surga banget kayaknya kalo bisa kesana. Awalnya sih gw ngajakin banyak temen kesana, tapi semua jawabannya sama aja,, iya iya nggak nggak, gak jelas, ora ceto. Tapi itu semua bukan masalah buat gw, karena gw udah pengen banget ke karimun jawa, dan juga baru bisa libur menjelang puasa, ya sudah gw memberanikan diri untuk berangkat sendiri kesana.
Berbekal daftar paket tur bareng explore solo dan rute jalan dari Apri, gw akhirnya berangkat hari jumat malem ke semarang, trus lanjut jepara. Walau sebenernya ada travel langsung ke jepara, entah kenapa gw milih rute putus putus. Satu hal lagi yang agak gue takutin, yaitu jadi obat  nyamuk diantara rombongan2 orang orang yang ikut tur juga. But its oke gw kan kesana mau menikmati pantai bukan sibuk2 ria ngurusin orang. Berbekal kamera handphone, dan pocket camera (walau gak di pake), gw berangkat jumat malam dari jogja ke semarang.
Perjalanan di mulai jam 9 malam, naik shuttle bus ke Tourist Information Center(TIC) di jalan Pemuda Semarang. Sampai semarang jam 12 malem, padahal bus paling pagi ke jepara itu jam 4 pagi. Itu pun dari terminal terboyo, bukan dari TIC. Sampe di semarang gue gak kebayanga apa apa, Cuma kepikiran gimana cara gw sampe terboyo, dan gimana kalo gue di culik #plisdeh. Karena mode yang sedang gw pasang adalah Vacation, traveling time maka pas turun di jalan pemuda, gw tiba tiba aja kepikiran untuk jalan2 ke tugu muda yang deket banget, sedikit menjelajah balai kota ditengah tengah kumpulan anak anak motor yang lagi parkir. Gak ada tuh kepikiran bakal dikerjain atau di jahatin #ngapainjuga gue jalan dengan penuh rasa percaya diri dan senyum2 ke tugu Muda,, dan double WOW buat semarang malam hari, its really nice at all.
Tugu muda Semarang

Sampe di tugu muda tentu aja gw menikmati malam disana, sambil duduk2 mengamati sekitar, karena disana ada kumpulan anak muda ada yang Cuma duduk2 ngerokok, ada yang pacaran, ada yang kayak wisata keluarga bawa makanan untuk piknik. Hha… ngomong2 masalah makan jadi inget belum makan malam di jogja akhrnya gue putuskan untuk makan di sekitaran tugu muda, yap Cuma makan nasi goreng aja sih, tapi ya enak kok.. lumayan lah.. buat duduk duduk di deket tugu, makan dan menikmati indahnya malam sendirian. Kapan lagi coba sendirian. Hhaa. Ternyata ada hikmahnya kan perjalanan putus-putus gak pake travel, jadi bisa menikmati kota semarang dulu, especially tugu Muda.

Hampir 2 jam di deket tugu muda,, akhirnya naik taksi ke terboyo, di terboyo Cuma duduk di warung, sambil ngopi dan baca buku. 2 jam nunggu gak kerasa emang kalo sambil baca, so tiba tiba udah rame aja sama penumpang, dan udah ada bis ke jepara. Usut punya usut, ternyata sudah 2 jam nunggu hahhaa.. Waiting is a trap; there will always be reason to wait- Robert Anthony. Selain baca buku 2 jam, gue juga sempet ngobrol sama orang,lebih tepatnya mendengarkan dia cerita. But its ok, salah satu keseruan jalan jalan adalah bisa berinteraksi dengan orang banyak. Hhaa…
Pagi itu ternyata gak Cuma gw yang mau ke jepara. Gw sempet ngeliat 4 orang lain yang bawa ransel cukup besar. Dari penampakannya sih sama sama mau ke karimun jawa. Akhirnya gw sebis dengan orang-orang tersebut, yak. Mereka 2 laki dan 2 perempuan. Nampaknya sih pasangan2 gitu. Perjalanan ke jepara makan waktu 1,5 jam dari semarang kalau subuh.berangkat jam 4 jam 5.30 sampai di terminal jepara. Selama di bis, gue kagak bisa tidur, wuuzzz asap rokok udah semerbak banget. Heran aja bisa ya orang orang pagi pagi buta udah ngisep rokok, belum tau aja kalo udah kena penyakit paru obstruktif kronis harus make tabung oksigen yang seliter oksigennya 25.000.
Sampe di jepara, gw akhirnya menzalimi tukang becak untuk ke pelabuhan kartini. Hahaha kasian tukang becaknya mengangkut gw dengan jarak kurang lebih 1 km. untung nyampe di sana tepat waktu, masih jam 6 dan udah rame banget sama orang orang. Angin di pelabuhan pagi ini kenceng banget dan dingin. Ditengah tengah orang yang rame sama temen temennya, gw sendirian. Tapi asik asik aja.. gw percaya aja kalo salah satu dari keasyikan traveling sendirian adalah  berkenalan dan berinteraksi dengan banyak orang.
Gak lama nunggu ternyata yang serombongan dari explore solo udah pada kumpul semua, dan akhirnya gw berkenalan dengan mereka, ada mba defi, mba In, mba memey, mas bintang, aryo, dan alva. Yak bagaimanapun juga mereka akan menjadi teman gw dalam 4 hari kedepan. So, SKSD aja deh lumayan nambah relasi. Perjalanan 6 jam diatas kapal pun dimulai. Diawali dengan sok sok an melihat kursi penumpang penuh maka kami memutuskan duduk diatas, dalam pikiran kami sih, yang penting dapet tempat duduk (walau lesehan) mana kepikiran bakal panas.
udah kayak pengungsi,saking panasnya >>mba Defi

Jernihnya air pelabuhan bikin pengen nyemplung

Gw bersyukur banget pas tau kalo mba defi, mba In, dan mas yudi adalah sesama lonely traveler, kita berempat ke karimun sendiri sendiri, kalo mereka bertiga sih kayaknya udah biasa bepergian kemana mana, lah gue yang baru pertama kali (ya pernah sih traveling, tapi tidak se-WOW ini juga) ahahaha. 2 jam pertama di laut begitu menyenangkan, sisanya ya bayangkan aja betapa hebohnya duduk di atas kapal kepanggang, bahkan sunblock 50 SPF aja ttp bikin kulit merah kebakar. Alhasil, kami semua pindah duduk di tangga deket barang, ya walau keras dankenceng banget anginnya, tpi lumayan gak kepanasan.
4 jam di laut bikin gue mual to the max, padahal sengaja gak sarapan biar kaga muntah, endingnya ttp aja mual dan mau muntah, trus keluarlah, tet teret terett,, dimenhydinat a.k.a Antimo. Beuh mantap jaya setengah jam langsung terkapat tidur sambil duduk di tangga besi, bangun bangun pantat sakit karena duduk di tempat keras dan lansung panic karena tas ketinggalan diatas (yang artinya terjemur berjam jam) padahal ada HDE gw. Hahah untung aja gak rusak. Naik naik keatas, jam udah menunjukan pukul 13.00 yang artinya  tinggal setengah jam lagi udah merapat ke dermaga karimun jawa, yeah seketika mual hilang, galau pun lenyap. Yang ada Cuma nunggu merapat dan melihat jernihnya air laut. Uuwwwhh…
Kembali keatas kapal yang semakin bergoyang, sudah kelihatan ada pulau di ujung sana, bukan lagi Cuma laut lepas tak berbatas sejauh mata memandang. Semakin excited aja deh, gw, aryo, alva, mba devi, mas bintang, dan mba mey makin excited setelah di panggang diatas kapal, duduk di tangga besi pake mual, sekarang karimun jawa terbayarr.. yeaahhh
Turun dari kapal sambil nungguin antrian, laut yang jernih sudah memanggil2 untuk diselami. Bahkan di dermaga kapal aja warnanya hijau kebiruan jernih, bagus dan mantab. Turun dari kapal, ikan ikan di dermaga aja udah rame menyambut kami para wisatawan #alahalah. Kami ngumpul dulu sebelum akhirnya di jemput mobil dan di drop ke homestay, bahkan sempet dulu kami foto di dermaga. Hahhaha
yeah me at karimun jawa national park, finally

berpose didermaga
mas bintang, mas yudi, mba defi, alva, mba in, mba mey, dan gue >> aryo yang fotoin

Sampe di homestay, disana sudah disiapkan makanan, sudah ada es kelapa muda dengan sirup yang merah menggoda, kursi pantai yang santai, dan enak banget ya,,, aarrgghh gue lagi liburan to the max coy. Ngobrol ngobrol sama temen temen baru, ditemenin angin dan es kelapa, ini baru hidup, setelah terkekang kehidupan FK #nggaya.
Gak banyak yang kami lakukan sesampai do homestay kecuali ngobrol2 saling kenalan lebih dekat, dan MANDI tentunya sambil tidur tiduran. Sore datang, selesai mandi, gw, aryo sama mas yudi langsung ke alun2 mneuju dermaga karimun jawa menunggu sunset. Padahal baru 16.30 tapi udah stay aja di pantai, lihat-lihat kehidupan sekitar yang beragam. Para penjaja makanan di alun alun sudah berbenah untuk buka dagangan, tapi matahari masih tinggi, dan keliatannya awan di ujung barat juga banyak. Tapi kami ya gak patah arang donk. Mereka berdua (aryo dan mas yudi) yang emang bawa kamera pasti lah nyari2 spot foto yang bagus, sedangkan gw yang Cuma modal kamera hape danpengen menikmati sunset, cukup duduk dan meresapinya dalam dalam.
Hampir 3 spot kami tempati, ujung pantai pelabuhan, diatas tower air, sampai akhirnya dideket dermaga nelayan spot yang paling menghadap ke barat. Disitulah gw menghabiskan sore hari di karimun jawa. Menikmati matahari yang kuning bulat dan keemasan, sungguh indahnya liburan kali ini, dapet temen baru, suasana baru, dan yang jelas “me time” yang berkualitas.

Petang hari alun alun karimun jawa sudah ramai oleh orang orang dan wisatawan, pedagang menjajakan dagangan, dan kami mencari makan, pilihan makanan gw adlah nasi pecel dan telur, begitu pula mas yudi. Mba mey, alva, aryo, mba In, dan mba Defi makan bakso, dan mas bintang, hmm mas bintang kayaknya gak makan. Hhaa.. over all makananya biasa aja sih, Cuma suasana sama temen baru dan menikmati waktunya itu yang asik. Mulai dari ngedengerin cerita mba defi dan mas yudi yang emang sering banget traveling, naik gunung, ke daerah2 yang oke, dan wah kebayang kan sebagai newbie di dunia per”jalan-jalan”an betapa pengennya gue ke tempat yang udah mereka singgahi. Cerita aryo dan Alva 2 anak FK UNS yang juga suka jalan jalan dan naik gunung ini juga gak kalah seru, serta cerita mba In yang udah jalan kemana mana dan bertemu banyak orang. Gw sih Cuma bisa dengerin dan berharap suatu saat nanti, sebelum usia gw mecapai 28 tahun, gw harus bisa selesai ke tempat tempat eksotik di Indonesia, dari gunung yang tinggi sampe laut yang dalam. Hmm Someday I Will.
Gak selesai sampai disitu, malam hari nya kami ngumpul lagi di homestay, mengakrabkan diri dengan rombongan lain, yak rombongannya ferra dan obed dari jogja juga. Mereka kuliah di UKDW deket banget dari UGM. Bener kata windy, traveling itu membuka mata kita akan keadaan orang orang terdekat yang sama sama pergi jauh, dan yang jelas menambah teman.
Keakraban ini dimulai dari gw yang menginisiasi main kartu remi, yak nama permainannya adalah tepok nyamuk. Permainan ini sungguh bikin ribut, menuntuk konsentrasi dan reflex yang bagus. Kami semua ngumpul duduk mengelilingi kartu, yang main beberapa orang, tapi yang ribut semuanya, mulai dari kata kata “ yaahh” sampe misuh2 juga ada, ketawa menggelegar sampe yang malu malu. Arrghh momen moment itu sangat menggembirakan, mengakrabkan, dan menghangatkan. Yak kartu remi yang biasanya dibuat berjudi, kami gunakan untuk hal hal yang lain yang lebih menyenangkan. Hha
pose dulu kita di cafe
Malam makin larut beberapa orang sudah mulai ngantuk dan tidur, gw dengan pede nya tidur aja di kamar bareng temen temen cowok dari UKDW, mas bintang, mas yudi, aryo, dan mas yusuf tidur di ruangan lain. Gw pengen mengakrabkan diri dengan yang lain, makanya coba tidur sekamar #alasan. Saat mata udah ngantuk tiba tiba mba defi ngajakin ke Café satu satunya di pulau karimun besar ini. Ya sudah berangkat. Dalam mode liburan gini tidur gak usah banyak banyak, yang penting mainnya banyak. Di café itu gak semua berangkat, waktu itu yang berangkat Cuma gw, Horas Horis bersaudara, obed, adi, mba defi, mba mey, mba in, mas bintang, mas yusuf, mas yudi. Cewek lain tidur, aryo dan alva sedang menikmati bintang di langit karimun.
Di café itu, perbincangan seru dimulai lagi,mulai darigunung kerinci, rinjani, semeru, merbabu, marapi sumbar, sampe kehidupan kampus pencinta alam, dan mal semacam Amplaz. Hahaha ending ending nya sih kebanyakan ngomongin mitos2 daerah, hantu hantu di gunung sampe ngomongin pocong yang pada akhirnya kami sebut hantu pepes (gara gara horis). Malam yang menyenangkan walau melelahkan, kebersamaan dan kehangatan dengan teman baru, dapet teman dari mana mana itu sesuatu banget, berbagi pengalaman, dan cerita seputar kehidupan dan alam.

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...