Wednesday, July 25, 2012

Lonely Traveler : karena traveling sendiri itu menyenangkan #karimunJawa Part 2

The Traveler sees what he sees.
The tourist sees what he has come to see – G.K. Chesterton
       Pagi masih buta, dan se-isi homestay sudah gaduh. Semua sibuk bangun pagi untuk nge-charge gadget masing masing. Yak jelas banget kalo di kepulauan karimun besar listrik hanya ada dari jam 6 sore sampe jam 6 pagi. Maka dari itu lah malam malam menjadi masa paling indah buat ngecharge gadget, nonton TV bukan lagi jadi prioritas utama, liburan ngapain sih berinteraksi dengan TV?. Gw sendiri bangun jam 5, ngecharge BB sebentar, lumayan nanti bisa buat foto-foto walau tetep aja di off line, selain karena jaringan yang jelek, juga emang malas mengaktifkan jaringan, maklum disini kan niat gw adalah untuk liburan so ngapain ngaktifin jaringan pikir gw. Kembali ke cerita, pagi itu selain niat bangun pagi, gw juga niat mau mandi dan positive thinking kalo misalnya nanti bakal ngantri kamar mandi, ternyata SALAH BESAR. Gak ada tuh yang sibuk heboh mandi, yang ada Cuma pada gentian BAB dan BAK serta sikat gigi dan cuci muka. Aahh surga banget liburan kali ini, bangun pagi, kaga mandi, angin selatan yang sepoi sepoi, dan juga tinggal makan. Asyik banget

kami foto bersama di depan Homestay yang asyik bangett
  Sambil nge Teh pagi-pagi di teras homestay, kami bersiap siap akan ke Laut yeahh,, mengarungi lautan menuju pulau di timur karimun besar. Semua pakai baju minim, maksudnya secukupnya aja bukan kayak mau kondangan yang rebet pake sanggul. Jam setengah 8 pagi kami sudah berjalan ke dermaga kapal nelayan, ternyata banyak juga rombongan wisatawan yang berkunjung, semua semua pake baju warna warni yang cukup mencolok. Ya lah, namanya juga liburan, tidak dapat dipungkiri kalau warna cerah dan mencolok menunjukan rasa kebahagiaaan. Jam 8 kami sudah naik kapal nelayan, yang cewek duduk diatas, sebagian pria di belakang, sebagian di depan, dan sudah ketebak ya kalo gw pasti di depan dan duduk di tengah menjaga keseimbangan kapal. Maklum gw yang paling berat disini. #Ups. Sebelum berangkat, ibu yang punya homestay mengejar rombongan kami trus ngasih bekal makanan ke mas yusuf, dia bilang “ini buat yang vegetarian, kan gak makan ikan toh?” wah gw terharu banget diperhatiin sama ibu yang punya homestay.
            Perjalanan ke laut pertama sangat menyenangkan, mungkin menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam di laut dan destinasi pertama kita adalah pulau Kecil. Selama perjalanan itu ombak nya lumayan gede, berkisar 1-1,5 meter, dan setiap kena ombak selalu keluar kata “wuooow” sumpah sensasinya menyenangkan banget susah diungkapkan dalam kata kata deh, walau lama lama mual dan bosen. Sampai di dermaga pulau kecil, yang pertama kepikiran adalah,, “wuooowww keren banget”, airnya hijau tosca terumbu karang nya udah kelihatan rasanya langsung pengen nyebur, padahal yang lain pengen foto foto dulu. Oke akhirnya foto dulu di dermaga dan pantai fotonya aja berbagai gaya, mulai dari loncat sampe foto megang spanduk. Wah pokoknya asik banget. Berjalan menikmati pasir putih di pantai, matahari yang cerah, sampai sensasi air laut yang menyentuh kaki. Ah, sudah lama rasanya tidak menikmati hidup seperti ini. Foto udah berbagai gaya, udah di banyak spot juga, dan gw rasa udah cukup. Gw adalah orang pertama yang basah masuk air, karena gw bawa kacamata renang hahah #niatAbis. Sambil renang ecek ecek di pantai, ikan nya lumayan oke nih di pesisir pantai walau Cuma berwarna abu-abu dan kecil. Gak lama lama disitu, kita balik ke dermaga dan mulai snorkeling, “byurr” suara orang pertamakali nyebur, airnya dingin dan ASIIINNN… dan ini adalah first time gw snorkeling. subhanallah, bagus banget koral koral di dalam air, ada yang merah, ungu, kuning, biru, kannya juga banyak, ada yang belang belang, ada yang warna kuning, dan banyak lagi. Bentuk terumbu karangnya ada yang kayak batu biasa, ada yang mirip jamur, rus kayak kue akar kelapa #laperr, wah susah di ceritain deh pokoknya bagus. ya walau banyak yang patah (seperti hatiku #eeaaa) mungkin karena ulah wisatawan yang gak sengaja nendang terumbu karang pake kaki kataknya, gw sendiri jujur agak serem deket-deket karang, soalnya terlihat tajam dan takut body gw yg sekseh ini menyenggol trus patah. Walau ujung ujungnya kejadian aja ini kaki kena karang sampe berdarah darah, tapi overall  bagus banget. Gak rugi deh

Foto dulu di Dermaga pulau kecil, mumpung masih Rapi dan belum gosong, thanks to mas Yusuf dari @exploresolo yang udah fotoin..

Pantai di ujung pulau kecil, indah bukan,
This photo belongs to Explore Solo

jarang jarang nih gw atraksi loncat di pulau kecil, jarang juga dapet fotonya pas lagi loncat. hahaha

pantai pulaukecil, yeah bagus abis.. lihat deh, gw kelihatan kurus ya disini.
thanks to Explore Solo Community

Foto bareng Ikan ikan, semua masalah terasa hilang (sementara)

Foto melayang Dalam air.. yeahahh terumbu karang nya bagus yaa

Foto dalam air sama mba devi. hahahaha susah payah menyelam bersama #eeaa
       Selesai snorkeling di pulau kecil, kami berangkat ke pulau tengah yak jadwal makan siang. nahkoda kami (gaya banget) bakar bakar ikan, sedangkan kami dibiarkan berkeliaran di pulau, a.k.a kami jalan jalan. kebetulan di pulau tengah ini gw, mba defi dan mba In jalan jalan sendiri ke belakang pulau, wuoohh begitu sampai disana, Cuma bisa ngomong “ hey,  it’s my private beach” bener bener asik, sepi, laut biru, angin sepoi sepoi, pasir putih, dan huwoo beneran pantai impian selama ini.. pokoknya liat aja ya fotonya, gw sendiri udah speechless menggambarkannya. No more galau, say no to mellow. Tapi asli romantic banget ini pantai.
            Gak puas sampe disitu, kami bertiga menyusuri pulau tengah ini, berjalan tanpa alas kaki, menikmati air laut dan teriknya mentari, mengambil beberapa foto mulau dari adegan tulis nama di pasir, berjalan, sampai foto absurd gw duduk di air diambil sama mba In. hahaha, berjalan terus muterin pulau ada satu pemandangan yang bagus banget, laut dengan gradasi dari hijau tosca sampe biru, dimana keliatan juga gunung di pulau seberang. Double WOW gitu deh. Jalan terus menyusuri pantai, ada segerombolan anak lagi ngubur temennya di pasir, lihat aja deh pose temennya yang terzalimi. Sungguh parah. Belum lagi ada SUMUR alias susu di jemur. Ya di kepulauan karimun jawa ini banyak juga bule berbikini, atau yang cowok Cuma pake semacam celana dalam, apa ya namanya, speedo kali ya?

Salah satu spot di pulau Tengah, dan Aryo Jadi model nya
Difotokan sama mba defi dan mba In, sambil jalan belakang pulau Tengah,
liburan Impian
Pantai di belakang pulau Tengah, bagus kan??? sepi dan impian banget deh pokoknya.
This photo belong to Reagan Resadita

Pemandangan dari pulau tengah ke pulau seberang,
Lihat gradasi air launya deh.. bagus bangett.. pasir nya halus air nya tenang
Gw, Obed, Adi lagi di pulau gosong, yak pulau ini gak kelihatan kalo lagi pasang, dan isinya cuma pasir saja. tpai totally awesome
             Kembali ke tempat asal, Makan siang udah siap, semua udah duduk rapi, ikan udah tersaji, nasi udah di bawa, dan air minum udah siap. Hmm… makan di pantai bareng temen temen baru, such a great experience. udah lama banget gak ngerasain hal kayak gini, terakhir sekeluarga besar ke pantai tuh kayaknya waktu gw TK. Sekarang gw di pantai, makan siang bareng keluarga baru #nikah kaleee. Special thanks to ibu yang punya homestay, dan Mba In dan juga mas yusuf yang udah bawain makanan special vegetarian buat gw. Im so blessed know you guys #lebaiAlayModeOn.

Mba In dan mba Defi
               Sambil nurunin makanan ke perut, kita ngobrol cerita cerita dan liat liat foto di pulau tadi. Sebagian orang jalan lagi ke belakang pulau untuk ngeliat pemandangan yang bagus, sebagian memilih menghabiskan waktu duduk menikmati pantai di depan pulau. Makan selesai, foto dapet, ketenangan dapat, kebahagiaan pasti lah, kita lanjut snorkeling di sekitaran pulau tengah. Disini lebih berwarna lagi koral/terumbu karang nya. Dan masih sama, BAGUUUSSS bangeett dan airnya adem, turun duluan, naik belakangan, sampe inget kata kata mas yusuf “Gan, nanti kalo udah selesai foto dalam air bilang ya, tinggal nungguin kamu nih, trus kita berangkat” ahahaha,, gw sama mba defi emang paling akhir naik nya. Jadi wajar ya kalo misalnya muka gw gosong. Abis tukang foto dalam air nya pake nantangin foto berbagai gaya juga sih ya… hahahaha

Foto kami loncat di pulau gosong,, yak gak semua ikut sih, tapi asli bagus dan warna warni.. asoyy banget
this picture belong to Explore Solo

Selesai dari pulau kecil lanjut ke pulau gosong, kenapa disebut pulau gosong? Kaaknya sih karena disini gak ada pohon sama sekali, dan ketutup air kalo lagi pasang. Tapi asli ini pulau bagus banget walau kecil. Sempat berfoto ria, salah satu foto terbaik tim explore didapat dari pulau ini, yak foto loncat dan segala macam nya. Aahh I love my vacation. No word can describe what I felt that day.
Satu hal yang menarik dari pulau gosong, disini mba mey turun dari kapal sambil digendong sama mas bintang, uwwwhhh mereka soswit, gw meluk meluk pasir aja deh. Hahaha pemandangan yang kocak. Kata orang kalau cinta sudah melekat, tai kucing terasa coklat, kalau cinta sudah melekat, beban berat terasa nikmat #eh (no Offense mba mey).
Pulang dari pulau gosong, badan udah pegel, yang jelas muka udah item kebakar, dan kaki udah lecet2 kena karang, tapi masih ada satu destinasi lagi, yaitu kolam penangkaran Hiu di mejangan besar. Disana Hiu ada 2 jenis, yang gw juga kaga tau jenisnya apa. Tapi jangan ngebayangin Ikan Hiunya gede kayak di film JAWS atau Megalodon ya mungkin Hiu yang ada disini sedang dalam fase remaja tanggung, ukurannya nanggung sedeng2 gitu.stop jangan bandingin sama gw kalah jauh lah hiunya. Hahahaha. Berbekal keberanian dengan kaki berdarah darah lecet, gw dan mba defi nekat turun, berharap bisa berpose dengan Hiu disini, ternyata, kaki udah lecet gini aja hiunya pada menjauh, sedih banget ya jadi jomblo, bahkan Hiu pun menjauh. #hiks. Tapi gw dan mba defi ttp dapet foto sama Hiu donk, walau gak bagus bagus amat. Mas bintang aja sampe nguber nguber hiunya ke pojokan penangkaran hahhaa demi apa hiu aja kabur. Gw inget banget mas Yusuf bilang “ ya lah hiunya kabur, takut dia sama paus pemangsa “ Asyem gw dibilang begitu. Hahaha,, its ok, im fine and I enjoy. Alva yang takut banget sampe jerit jerit di air demi berfoto sama Hiu, aryo udah stand by fotoin, tapi dia gak berani jauh jauh dari tangga takut tiba tiba hiu menggila dan mengejar ngejar dia katanya. Ahahaha.

nyobain foto gaya belakang

Ferra kalo gak salah juga turun, dan saat turun hiu yang ada disana selalu mendeka dan ngerubungin, entah susuk atau ilmu apa yang dia miliki,bahkan hiu aja mendekat. Hahaha kayaknya gw sama mba defi harus belajar ke dia deh. Turun di kolam satunya, ada Clown fish juga loh ternyata, bagus gitu ada anemone lautnya juga. Kata nya sih di kolam yang satu ini beda jenis hiunya, tpai menurut gw sama aja, sama sama gakada yang mau di foto bareng gw. Tapi jujur ya pas lagi nyelem, muka hiu itu menyeramkan, dengan gigi yang menyeringai, rahang yang keliatan kokoh, dan juga mata yang gak ngedip, buset serem juga ternyata. Tiba tiba aja pas gw lagi berdiri di dalam kolam hiu, kerasa ada yang gigit kaki gw, ternyata ikan kecil sialan ngigitin bekaas luka gw,sumpah udah deg degkan banget takut kalo itu ubur2 atau apa lah, ternyata ikan genit semacam melakukan terapi. Disini digigit, disana digigit. Tba tiba kedengeran suara mas yudi kaget dari kolam sebelah, ternyata dia juga digigit ikan kecil disana, haha kocak bener denger dia teriak kaget (bukan teriak juga sih,Cuma ekspresi kaget aja, but it still funny). Udah bosen dalem air, akhirnya gw keluar dari dalem air dan duduk2 diatas sambil mengeringkan baju, diangin angin, wuuzzz dingin banget anginnya. Sebentar lagi matahari terbenam rupanya.

Ikan Hiu di penangkaran, kalo diliat dari atas mirip ikan Lele atau Ikan patin ya, ahahahha
This picture belongs to Explore SOlo

Susah payah nyebur biar dapet foto sama Hiu, tetep aja hiunya menghindar, thanks mas  Yusuf udah ambil gambar saya

ini gak tau gambar diambil kapan, pokoknya oke lah gaya nya..hahah
               Warna merah sudah mulai tampak di ufuk barat, matahari memancarkan warna merah keemasan di barat sana,dan kapal kami pun pulang ke dermaga karimun besar. Sesampainya di dermaga, sebagian pulang dan berbenah untuk mandi, sebagian lagi menunggu sunset, termasuk gw. I don’t know why but I love sunset so much. Its just time to think, time to feel the universe.
Matahari di barat sudah turun, walau mulai berawan. Disaat yang lain sibuk saling menjepret menggunakan kamera mereka, gw Cuma ngambil beberapa gambar, dan duduk menikmati merahnya mentari. Setelah penantian lama untuk bisa sampai ke karimun jawa, akhirnya gw bisa sampe kesini, menikmati keindahan semesta, termasuk sunset yang sudah lama di idam idamkan. Sore itu matahari warnanya merah, yak merah seperti kuning telur bebek, gak ada satu menit setelah matahari terlihat bulat sempurna, dia pun terbenam di ujung laut sana sambil tetap memberikan harapan kalau besok akan muncul. Langit masih merah, dan gw masih menikmati sore indah itu, ahh.. Indahnya Alam ini. Suatu saat gw bakal balik lagi ke pulau ini sambil menikmati indahnya sunset di dermaga ini lagi. Ya suatu saat nanti.

sunset dari dermaga karimun jawa bagus banget,

Mba Mey dan Mas Bintang

pose Galau  yang lagi nge-Trend lah pokoknya.

sunset yang kelihatan golden bulet, kayak kuning telur bebek #tetep makanan
Bagus banget, bener bener menikmati

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...