Wednesday, July 25, 2012

Lonely Traveler : karena traveling sendiri itu menyenangkan #karimunJawa Part 3

Waiting is a trap; there will always be reasons to wait

Kata orang menunggu itu melelahkan, benar memang, namun selalu ada alasan untuk menunggu. Pagi itu masih buta, masih jam 5 pagi dan mba defi sudah membuat seisi homestay bangun, dia bilang “ ayo, kita cari sunrise”. Semua bangun dan tanpa basa basi, semua siap siap, pake jaket, bawa perlengkapan, kamera dll tentunya. Gw sendiri Cuma bawa hape. Perjalanan di mulai, kami ber 16 naik mobil bak, menuju pantai di tepi timur pulau karimun besar, sebelum pergi kami bikin perjajian kalo mau ngeliat sunrise dari sebuah cottage di timur sana, katanya bayar sih per orang nya 12.500. oke semua menyanggupi. demi sunrise gitu loh…
Perjalanan menanjaki bukit di karimun jawa di mulai, kontur jalan miriplah sama imogiri bantul, jalan kecil berkelok kelok namun ttp bagus. Sesampainya di halaman cottage tnyt disitu lagi ditutup untuk umum, katanya lagi ada yang punya. Sedih sih, namun matahari saja tetap bersinar, masa kita berhenti berjuang untuk mencari apa yang sudah tinggal di depan mata (alah bahasa gw). Akhirnya perjalanan di lanjutkan ke pantai satunya, kita sih asyik naik mobil, lah ternyata ada yang ngikutin naik sepeda coba, padahal itu berbukit bukit gitu deh menuju pantai yang di maksud.
Sampai di pantai itu sudah kira kira jam 5.30 tapi ujung langit timur masih dipenuhi awan. Menunggu, Cuma itu yang bisa kita semua lakukan, selalu ada alas an bukan untuk menunggu. Jepret jepret foto sedikit dan hasilnya lumayan bagus, suasananya malah jatohnya romantic galau penantian, semacam  menunggu di teluk bayur gitu deh haha. Gw paling suka jepretan kamera hape gw yang modelnya kak Tya, ya candid gitu sih (foto diawal). Tapi jatohnya bagus (menurut gw sih bagus).
Ditengah dinginnya angin pantai di pagi hari, tiba tiba mba In ngeluarin biscuit, aduh,, tetep ya ada yang bawa makanan. Ahahha akhirnya terjadilah bagi bagi makanan disini. Lumayan meningkatkan glukosa darah. Jam setengah 6 pagi, langit kemerahan udah keliatan, namun bulan belum beranjak dari langit, ditemani dua bintang yang bersinar terang banget. Ah bagus banget deh pokoknya. Harus ngeliat sendiri.

bintang dan bulan aja masih kelihatan, kita udah nungguin sunrise
pagi berawan, di ufuk timur sana kabut tebal, jadi gak bisa ngeliat dari awal deh

matahari sudah terbit, dan dapat foto siluet bagus
suasana di pantai (lupa namanya) saaat sunrise
this picture belong to Explore Solo
Angin masih kencang, awan di ufuk timur gak juga hilang, akhirnya matahari keluar dari balik awan, bukan lagi dari laut seperti yang diharapkan orang orang, tapi itu aja gw udah seneng banget, ok pokoknya. Akhirnya berpose deh siluet siluet gitu. Bagus lah pokoknya lumayan buat stock DP bbm kalo kata mba mey.
Setelah berapa lama disana, gw pulang dan kembali beraktivitas, maksudnya ngelanjutin ngecharge HP, dan sarapan. Tetep ya, mau kelaut gak usah mandi, because taking bath is too mainstream. Selesai makan sebelum pergi, gw sempet tuh duduk duduk di kursi teras, ngobrol sebentar dan menikmati angin laut pagi. Huuuhhh haaaahhh seger. bangett.

jalan aja kita berpose.. aduhaii
7.30 kita udah berangkat ke laut,dan tujuan utama hari ini adalah pulau pulau di barat pulau karimun besar. Perjalanan ke dermaga masih sepi, mungkin yang lain belum berangkat. Naik kapal, dan pergi ke menjangan kecil. Hal pertama yang dilakukan adalah SNORKELING  tentunya sodara sodara. menurut gw sih disini spot snorkeling nya paling oke, warna warni koralnya asli bagus banget, dan tentunya ikannya banyak… rasanya pengen tangkep satu dan bawa pulang. Foto bawah air kali ini juga lebih atraktif, ada gaya melayang di air, bergandengan, gaya berenang, menyelam kedasar, dan lain lain. Si fotografernya pake acara nantangin gw sama mba defi dan obed untuk foto foto sih ya, kita sih hayok aja di suruh berbagai gaya.
ditengah laut siap snorkeling

susah payah foto mba defi dalam air,, gaya manusia biasa wkwkw
susah payah foto di air, gaya duyung wkwkkw

gak tau deh ini ferra foto gaya apa pokoknya ada

Menyelam kedasar adalah hal baru yang gw coba, dan Alhamdulillah, susah ternyata. Mungkin karena porsi badan yang kebanyakan lemak jadi cenderung ngambang #denial (bilang aja gak bisa nyelem) ahahah tapi gw sempet kok nyelem, mungkin Cuma berapa meter, tapi napasnya udah engaap, sesek kayak kecekek, trus panic, dan akhirnya langsung naik keatas dengan derita menela air laut. Mungkin dari minum air laut aja kebutuhan garam gw sehari udah lebih dari cukup ASIINN. Tapi pengalaman yang sungguh seru sekali.
Lanjut perjalanan selesai snorkeling, kita berencana ke… kemana ya? Gw juga gak tau. Aahahha pokoknya ikut aja dan semua akan baik baik saja. Waktu gw Tanya sama guide kita, dia Cuma jawab sambil nunjuk2 pulau di ujung sana. Gw juga gak tau dia ngomong apa, soalnya mesin diesel kapal suaranya aduhai merdu dan berisik. Hahahaha. Perjalanan mungkin sudah setengahnya sampai tiba tiba kapal berenti di tengah laut.
Bingung, itu yang pertama kali yang gw pikirin, ngapain yak kita berenti di tengah laut, gak ada tanda tanda mau snorkeling juga, bahkan laut cenderung keliatan dalam dan tak tenang (seperti hatiku #eeaa). Ternyata oh ternyata, katanya kapalnya gak seimbang, trus ada something yang nyangkut di baling baling kapal, hmm.. apa ya, gak tau, pokoknya sekitar 30 menit mungkin berehenti di tengah laut. Gak kehabisan akal, mas Yudi mengeluarkan semangka yang tadi pagi dia beli. Gw pikir itu semangka dia bawa buat makan siang, ternyata bukan. Katanya, habis snorkeling itu tubuh kehilangan banyak cairan, makanya butuh makanan atau buah yang banyak air nya, dan pilihan dia jatuh kepada semangka #Tsahhh.
Guide nya sibuk nyelam sambil motong sesuatu yang nyangkut itu, kita di atas malah motong2 semangka, dan kuliner tengah laut.. ah Nikmat level dewa banget, makan semangka, segar, ditengah laut dan panas panas. Hahaha.. mas Yudi yang beli, mas yudi yang motong, dan dia juga yang terakhir makan.. hahaha. Gak sopan banget ya gue dan yang lain.
Akhirnya setelah terombang ambing ditengah laut, kami harus berganti kapal, dan kembali dulu ke dermaga karimun besar. Setelah proses transfer yang lumayan menegangkan, akhirnya semua barang barang dan perlengkapan snorkeling selesai di pindahkan, termasuk makan siang. Lanjut deh jalan ke pantai tanjung gelam.
Pantai yang satu ini bener bener unik, gak bisa di bilang dengan kata kata, pokoknya wajib deh datang ke sini. Rasakan sendiri sensasinya.yang pasti kalian akan dimanjakan oleh suasana yang asik dari pantai disini.

pantai tanjung gelam, semacam pantai impian semua umat. hahhaha

nongkrong di "cafe" pinggir pantai. ahahahaha

mba mey sok adegan loncat.

pantai tanjung gelam, dengan batu batunya,, coba agak gedean dikit. jadi kayak belitung deh

duduk di kapal kecil  nelayan

sisi lain tanjung gelam dengan batu nya yang besar

duduk diatas batu, memandang masa depan, tsaahh

Indahnya pantai tanjung gelam ini. bener bener pantai impian deh
this picture belong to Reagan Resadita

dari laut, penampakan tanjung gelam ya seperti ini, dengan laut yang biru dan bagus
                 Begitu sampe, rutinitas nya adalah makan siang, gw pribadi sih langsung nyebur dan berenang di pantai berpasir putih ini, trus horas dan horis ikutan berenang, padaal kalo dipikir pikir, waktu itu udah jam 12 siang, matahari pas ada di atas kepala, dan panas. Tapi keindahan pantai ini menepis semua itu. Panas bukan masalah, tiba tiba pulang udah merah gosong kebakar. Di pantai tanjung gelam ini ada yang jual makanan, gorengan, mie, es teh, dan lain lain. Alhasil makan gorengan sampe kenyang, sampe makan siang berasa maksimal.
Ada yang lucu dari makan siang kali ini,
  •      Ditengah tengah makan gorengan, Mba mey ngomong sama gw “ gan, ibu yang punya homestay lupa bawain bekel buat kamu, trus kamu makan siang nya gimana?” sumpah gw shock abis, galau, mellow, dan gak tau mau makan apa
  •     Mba mey bilang “ kata mas yusuf, si reagan suruh makan nasi sama sambel aja, trus ketawa #sumpah raja tega, gw di bully
  •     Paling lucu adalah yang ini, ternyata pas tadi ganti kapal, ikan buat makan siang ketinggalan, dan kita Cuma bawa nasi sama sambel #KETAWAPUAS ahahahah senang sekali, karma does exist guys. #noOffense
  •    Berhubung tanjung gelam masih di pulau karimun, guide kami pulang naik motor untuk ngambil ikan yang ketinggalan di dermaga #kocak
Urusan perut selesai, akhirnya semua makan seperti sediakala makan ikan bakar, dan gw makan telor asin sama gorengan, walau kata yang lain kalo di pantai gak makan ikan tuh kurang greget, menurut gw sih asik asik aja, gw kan vegetarian. Sejak tau gw vegetarian, anak anak jadi manggil gw “ Mas Vegetasi” gara gara ada yang salah ngucap #asyem. Emang nya gw tumbuhan apa. Ahahaha. Makan di pinggir pantai lagi, wuooh asyik bener deh pokoknya. Suasana sepoi sepoi, matahari bersinar cerah, langit dan laut yang biru, pasir putih, duduk di bawah pohon kelapa. Supeer sekali.
Selesai makan, perjalanan lanjut ke pulau cemara kecil yang katanya bagus banget,, sekitar 30 menit perjalanan, trus turun agak jauh dari pulau, dan trnyata pulau cemara kecil itu BAGUSSS BANGEETT COYY. Turun disini kita di haruskan pake alas kaki, soalnya di pantaai ini habitat ikan batu katanya. Ikan batu tau kan ya?? Yang beracun itu yang suka menyamar menjadi karang. Pokoknya itu lah, cari di google aja kalo bingung. Anehnya pas kita pada turun, kalo orang menghindari ikan batu, kita malah mencari cari yang namanya ikan batu itu, sampe ada yang nyelem segala. Koplak.
berpose dulu saat jalan ke tanjung gelam. muka udah gosong poll

mas yusuf, jarang jarang ada di foto nih.

obed dan kak tya
                 Perjalanan ke pulau cemara kecil emang sedikit susah karena harus nyemplung ke air dlu, tapi gak apa apa, it's ok and fine. Sampai di pulaunya,, wuuooohh pantai nya besar banget, pasir putih, dan pasirnya luas, airnya Cuma setinggi mata kaki sehingga kita bisa puas puas deh disini foto2. Foto mulai dari pose loncat, trus semacam membuat gerakan slow motion, foto tidur tiduran di pantai, dan banyak lagi. Puas foto2 kami merapat sebentar ke pohon deket pantai, ngadem ceritanya. Sampe di pantai bukan nya istirahat, eh malah merencanakan bikin video clip heavy rotation,, ahaha kocak, padahal gak ada yang hafal lagunya. Gerakanya aja Cuma tau itu itu aja. Akhirnya lagu iwak peyek lah yang keluar sebagai cover kali ini. Video ini di cover oleh gw, alva, dan aryo. Tiga orang mahasiswa kedokteran yang kata mba mey salah jurusan. Hahaha. Setiap orang boleh salah jurusan, tapi gak boleh salah passion, mungkin passion kita adalah menjadi artis yutub atau bintang videoclip triomacam #korbanInfotainment.

cangkang bintang laut yang sudah tidak diisi, baguus kan motif bintang lautnya

tetep romantis donk mas bintang dan mba mey

mas bintang, alva, dan aryo lagi nyari ikan batu kayaknya.

Gak habis ketawa, videonya gak selesai deh, trus datang lah mas Yudi artis melayu kita. Disuruh mas yusuf untuk nyayi lagu lagu melayu jadul untuk dicover. Mba defi pasang posisi sebagai model, sambil megang kain pantainya. Pokoknya kalo di lihat videonya kocak abis deh, gak kebayang gw bisa kenal orang seseru ini. Oh ya ketinggalan. Di tengah tengah video yang gagal romantic tadi, muncul lah gw, aryo, dan alva nyanyi lagunya agnes monika, yang “ tak ada logika”, tau kan gerakannya? Wah pokoknya kacau sekacau kacaunya clip. Fun and funny.
Obed, mba mey, mas bintang, dan mba In Cuma duduk di pantai sambil berusaha keras nahan ketawa karena ulah kami di videoclip cover yang ancur tadi. Beneran deh anak anak heavy rotation ini kocak abis. Seneng banget bisa liburan bareng mereka. Puas foto foto dan bikin videoclip saatnya kita mengubur Alva di pasir dan di bikin ala body aduhai. Semua semangat banget ngubur dia dan membentuk body dari pasir ahahaha.. mau upload fotonya aja gak tega. Beneran deh, alva yang tezalimi judulnya kali ya.. ahahaha.
pantai di pulau cemara kecil,
this picture belong to Explore Solo

mba defi, gaya.. entah gaya apa

berhubung gw susah loncat, jadi gw disimpen paling awal

berhubung gw yang paling susah loncat, makanya disini gw dijadin objek penderita
this picture belong to Explore Solo

sumpah nih mas bintang, tinggi bener loncatnya

sebenernya foto ini nyontohin buat yang pacaran eh, jatohnya malah foto ini bagus. ahahaha

foto ini adalah yang paling menyedihkan, disaat yang depan gandengan,
yang belakang gandeng angin aja ahahahaha

Menikmati pantai sebentar di tengah suasana menjalang sore tapi masih panas. Ah pantai ini, bakalan deh gw balik lagi ke sini suatu saat nanti, kalo bisa sih sama temen temen heavy rotation team. Selesai dari pulau ini, kami semua pulang, dalam kesunyian (cie ileehh). Karena ini hari terakhir di laut (karimun jawa, karena besok pagi harus uda pulang) hiks hiks. Menikmati sunset terakhir di dermaga, dan sunset kali ini bagus banget.. ahh sedih banget.
Malam ini, semua istirahat, dan makan malam, semua transfer foto saling ketawa ketawa ngeliat video clip tadi, ketawa ketawa ngeliat foto foto dari kemarin, dan semua bersiap siap ke café. Malam terakhir paksakanlah ke café. Di café ini semua menikmati malam terakhir di karimun jawa. Rencananya sih mau nyeburin mas bintang ke laut berhubung dia ulang tahun. ,tapi gak tega udah malam juga. Semua saling cerita cerita lagi, ah susah nulis nya pokoknya asik deh. Gak tau kapan lagi bisa mendapat pengalaman seseru ini, sama temen temen yang seru banget.

this picture belong to Explore Solo
Sunset terakhir kita semua sebelum meninggalkan Karimun jawa

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...