Thursday, November 1, 2012

Pernah Muda



Malam ini pukul 1 malam akhirnya gw memutuskan untuk menulis setelah rehat entah berapa lama. Terlalu banyak alasan diutarakan untuk menghindari dari tulis menulis blog. 2 tahun yang lalu gw melakukan extra ordinary trip to home, Sebulan yang lalu gw ke eropa, 2 bulan yang lalu gw ke wonosari, dan baru satu minggu yang lalu gw melakukan lagi java trip to banten sama Nila. Tapi malem ini gw gak mau ngebahas itu.

Pernah muda, semua orang pernah muda, maksimal satu kali dalam hidupnya. Sore ini gw duduk di taman medika, awalnya Cuma ngobrol2 aja gak jelas, sampe akhirnya gw memutuskan untuk menulis skripsi gw yang akan segera di ujikan. Aamiin.

Sambil duduk, gw ngamatin ada beberapa anak angkatan 2011 pada bawa bawa cake. Gw yakin pasti ada yang ulang tahun dan mau di ceburin di kolam taman medika. Dugaan gw gak salah, setelah hampir 1 jam gw duduk sambil menikmati suasana mentari yang mulai memerah, anak yang ultah dating dan peccah lah lagu bang toyib, bukan lagu happy birthday. Pacarnya ngasih bunga, temen temennya ngasih kejutan dengan ngerampok mobilnya (oke ini lebih keren dari pada menaburkan tepung di mobilnya dan nempel2in kertas gak jelas). Singkat cerita, gw Cuma bisa senyum sambil nulis skripsi gw, mengingat bahwa gw juga pernah muda. Walau gw gak pernah ada di posisi mau diceburin, dan dikasih bunga atau kejutan. Hahaha

Duduk duduk di TM sore itu bikin profil lipid gw jadi jelek, kenapa?, karena si adik yang ulang tahun ini menyadari keberadaan gw dan datang dengan sepotong tiramisu yang terlihat enak sambil bilang
            “ Mas Reagan, ini ada cake” sambil malu malu, dan entah kenapa dia yang malu malu harus nya gw yang tau malu udah nungguin dikasih cake dari tadi, #eh
            “ ya ampun X, repot2 banget deh, makasih loh, selamat ulang tahun ya, yang keberapa?”

“ Sembilan belas mas” dia ketawa, trus temen2 nya ngeliatin gw yang dikasih kue
“ wah selamat ya, sukses terus, sama donk umur kita” trus temennya ketawa renyah sambil bilang “ Sembilan belas tahunnya berapa tahun yang lalu mas?” trus yang lain ketawa. Gilaaa gw di kerjain adik tingkat. Its oke, gw kan senior yang baik


Seketika gw inget, kalo ini adalah akhir oktober, baru 15 hari yang lalu gw juga merayakan ultah gw yang ke-duapuluh tahun. Yah perfect, gw udah bkan remaja belasan, tapi o mom 20-an. Kalo di inget inget, ini adalah kali ke-4 di fk gw merayakan ultah.

Pertama, yang ke 18 saat itu gw masih anak ingusan, dan gak tau apa apa tentang dunia perkarokean, sampai saat gw ulang tahun temen temen pada ngajakin karokean. Oke aja sih gw, mungkin gak semua dari mereka inget kalo itu ultah gw dan gw juga bukan tipe yang ppengen dirayakan plus traktiran. Hahaha kocaknya di ultah gw yang ke 18 ini gw bawa pulang kunci motor temen gw, dang w lupa sampai akhirnya gw tiba di kos dan inget ada kunci lebih di saku gw. Alhasil temen gw udah geret2 motornya ke tukang kunci, uhuhuh sorry bro.

Kedua, ultah gw yang ke 19, tidak tterlalu menarik, hari itu gw bekerja secara biasa, belajar, larut dalam kesibukan, balik magrib, dan dapet sms ultah dari keluarga. Yah biasa, menariknya gw merayakan ultah gw ini SENDIRI, ya perlu dicamkan, SENDIRI. Saat itu gw Cuma ngerayain dengan 2 personal pan pizza, garlic bread, dan cola. Mungkin terdengar menyeramkan ya merayakan sendiri dengan 2 pan pizza. Tapi ini cara gw merenungi umur yang udah gak muda lagi.

Ketiga, ultah gw yang ke-20. Hidup berjalan biasa, notifikasi di facebook udah gw matiiin, jadi gak semua orang bisa ngeliat ultah gw dan ngucapin sampe wall gw penuh. Gw juga merayakan ultah ini sendiri, dan asyik2 aja. Gak banyak ucapan dari kawan2 tahun ketiga, mereka malah gak sadar, dan gak tau. Setidaknya gw jadi gak harus traktir mereka. Ahahhaa. Tapi berapa hari kemudian, wahyu dan nardi datang bawa bingkisan, satu isinya mug ada foto kelompok tahun pertama, dan satu lagi isinya lampu depan dan belakang sepeda “ GUE TERHARU” oke pengakuan yang cukup berat. Gw terharu dengan ucapan di kartu dalam mug dari teman teman tahun pertama gw, gw juga terharu dengan hadiah dari nardi sobat gw dengan suratnya yang lucu dan…. #speechless. Ada lagi yang lucu, sore2 saat ultah ini, gw tidur kayak babi kepanasan, keringetan gak jelas. Trus ttiba2 ada yang gedor2 pintu kamar kosan dan teriak teriak gempa gan gempa, ternyata itu adalah NILA, AKBAR, dan YULIA, mereka bawain gw “kue ulang tahun” yang berbentuk dunkin donat full coklat kacang, dan caramel. Dan gw dipaksa menghabiskan kira kira setengah lusin. Sumpah nih yaaaa…

Ke empat, tahun ini which means ini adalah ultah gw ke 21. Sejak sebulan lalu gw udah hide tanggal lahir gw di FB jadi hanya orang special yang bakal inget ultah gw. Cerita yang ini agak panjang nih soalnya kocak abis

Malam sebelum ultah gw tiba tiba bokap bbm gw dan bilang “ selamat ulang tahun aa” trus gw jawab aja” ultah aa besok loh pak , bukan sekarang” trus dibalas dengan jawaban “ mau ultah besok, sekarang, atau kemarin, aa kan tetap anak bapak” >> oke Alhamdulillah yah bokap inget ultah gw, seringnya lupa.hhaha walau ending nya ttp kok gw kayak dimarahin. Ahahah

Gak berapa lama, tengah malam saat gw baru saja menyelesaikan pekerjaan, tiba tiba di malam yang gelap dan hening, ada ketukan pintu yang angker. Setelah beberapa kali kali ketuk, akhirnya gw buka, dan tiba tiba ada 2 orang aneh sedang nyanyi2 di depan kamar kos gw sambil bawa MARTABAK KEJU COKLAT >> demi apah nila dan akbar back in action, bawa martabak sambil di colok pake lilin ultah tengah malem…akhirnya kita semua makan itu martabak sambil ngobrol sampe jam 3 malam. Berhubung kos nila pasti udah dikunci, dan sebelum nila di usir karena balik malem, akhirnya gw menawarkan kasur gw yang empuk untuk di tidurin sama si nila, dan akbar serta gw geletakan di lantai.

Gak usah mikir yang macem macem, nila tidur jam 3, gw sama akbar tidur jam 4 setelah baca majalah, yah aneh sih ya random banget pokoknya ultah gw yang kali ini. Ada wanita menginap di kosan dan merebut kasur empuk dari si empunya >>kudeta. Ahahaha

Jam 5 bangun dan solat subuh, habis itu gw gak tidur lagi dan siap siap nganter nila balik. Dan dengan randomnya gw mau donor darah. alhasil jam 5.45 gw ke UPTD sardjito dan mendonorkan darah untuk seorang teman yang adiknya kena leukemia. Sesuatu sekali ya, jam segitu, dihari ultah, gw donor darah bersama akbar dan nila.

Sebenernya sebelum nila dan akbar datang, gw dapet bbm, twit, dan notif FB dari NOVA sahabat gw dari SMA, nah dia ngucapin ultah gitu deh pake ukir2an di kertas. So swit. Tapi sorry nov di FB gw hide supaya gak banyak yang liat dan minta traktiran,

Hari hari berjalan biasa, kekampus, ngerjain skripsi, proposal PKM, dan lecture. Semua berjalan aman dan tenang sesuai rencana, tidak ada hujanan ucapan dari orang orang yang baru denger kalo gw ultah. Just keep it simple and quite. Bahkan anak2 tutorial gw juga kelihatanya lupa. Alhamdulillah kata gw dalam hati kalo mereka melewatkan dan lupa lagi brati gw gak harus traktiran deh. Ahahaha #ketawasetan. Sampai tiba tiba Raymond junior gw di kampus ngucapin selamat ultah, dang w bingung dari siapa dia tau, apakah dari rumput yang bergoyang?? Padahal gw udah menutup rapat2 hal ini “berasa aib”

Tapi keesokan harinya saat gw pikir keadaan sudah aman, tiba tiba habis tutorial andy nyayi happy birthday sambil bawa kue, dan gw merasa bingung, siapakah yang mereka rayakan ultahnya. Usut punya usut, marika lah yang tau ultah gw (sekaligus merayakan ultah cheni) dan itupun karena wahyu ngetwit selamat ulang tahun di twitter. Oke lah, thanks guys yuk kita traktiran, tapi patungan sama cheni yah.. ahahaha

Selain itu yuwe sahabat gw dari smp juga ngucapin ultah di twitter padahal dia lagi di jepang, dan dia inget coba.. terharu sekaliii

Ada juga fitri yang ngucapin selamat ultah gw gak akan cerita deh yang satu ini sih

Dan ada mami gw yang juga ngucapin selamat ultah, harusnya gw yang ngucapin selamat hari melahirkan anak paling ganteng se dunia. Hhaaa

Selang 5 harii tetiba mas zul sms, ngucapin selamat ultah sambil bilang maaf kalo lupa. Ahaha trus gw jawab,.. dulu kupikir kita teman. Hari itu juga gw mas zul dan Raymond ketemuan, ngerjain proposal penelitian. Saat ketemu mas zul cengir2 sambil ngucapin ultah trus ada adegan berpelukan teletubies deh sambil bilang , map gan lupa. Ahahaha ya sudah lah yah, bukan tradisi saya juga untuk merayakan ultah.apalagi traktiran,… hahaha

Saya juga pernah pada posisi temen2 yang tadi ultah di taman medika. Ketawa ketawa, makan cake, dan lain lain, walau ya tidak dirayakan seheboh itusaat masanya

Tapi, Yang jelas, saya juga pernah muda.

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...