Monday, January 25, 2010

UGM SEBAGAI LINKUNGAN BELAJAR

MARSHITA BINTI KAMARUDIN
FAKULTAS KEDOKTERAN
06/197414/KU/12015
UGM sebagai linkungan belajar
Pertama saya ingin mulakan dengan menyatakan saya adalah anak perantauan dari Malaysia yang dihantar pemerintah untuk belajar di UGM. Saya dapati selama 3 setengah tahun saya disini UGM menawarkan tempat yang sangat kondusif untuk pembelajaran tahap tinggi. Pada dasarnya, baik dari segi pendidikan, sosial dan fasilitas, UGM sudah memberi satu lingkungan yang baik bagi meningkatkan tahap pengetahuan serta menyiapkan diri mahasiswa dalam menghadapi dunia yang mana dalam era globalisasi sekarang ini negara mengalami persaingan yang luar biasa dalam berbagai bidang.
Dalam upaya untuk menjawab tantangan globalisasi ini, perkembangan sumber daya diprioritaskan dan ini telah dilakukan oleh pihak UGM. Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebersamaan agar dapat membangun diri sendiri dan besama-sama membangun bangsa. Apa yang saya kagumi tentang sistem pendidikan disini adalah, penerapan Pancasila dalam pembelajaran. Ini sangat ditekankan untuk merencanakan keluarnya produk-produk yang berkualitas dari UGM.
Fakultas Kedokteran juga memperlihatkan sistem pembelajaran yang efektif. Saya akui mulanya saya agak skeptikal dengan sistem blok yang dipakai oleh Fakultas Kedokteran kerana saya lebih familiar dengan sistem di Malaysia yang menggunakan sistem semester. Ternyata dengan membahagi semester menjadi blok, pembelajaran menjadi lebih senang difahami. Penerapan pelatihan keterampilan medis membantu sedikit sebanyak dalam memberi gambaran sebenar apa yang perlu para doktor kuasai bagi menjalankan tugas dengan baik. Usaha yang dilakukan dosen dan mahasiswa juga mendukung tujuan sebenar UGM untuk melahirkan mahasiswa yg intelek dan kompeten.
Bagi lingkungan sosial, tanggung jawab sosial universitas saat ini telah berubah dibandingkan beberapa dekade lalu. Tanggungjawab universitas tidak lagi dapat dipandang sebatas produsen atau laboratorium pengetahuan, pendidikan, penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat, kebebasan mimbar akademis dan institusi untuk memperoleh kebenaran, melainkan telah mengalami transformasi yang luar biasa ke dalam kehidupan masyarakat secara aktif.
Universitas di mata masyarakat kini telah dianggap sebagai institusi yang serba bisa serta dipercaya dalam menjawab permasalahan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Dari observasi dan pengalaman personal saya, suasana yang ramah dan interaksi antara mahasiswa baik di kampus atau luar kampus membantu menaikkan komitmen masing-masing dalam mencari ilmu serta memberi impak yang positif kepada pembinaan diri mahasiswa.
Peranan universitas dalam lingkungan fisik juga sangat penting dalam usaha menaikkan pencapaian mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari segala aktivitas yang dilakukan oleh pihak UGM dalam menyediakan kemudahan kepada pelajar, oleh karena itu adanya dorongan untuk dapat belajar dengan lebih baik sehingga efektivitas dan efisiensi dapat tercapai dengan maksimal. Dorongan tersebut adalah berupa pemenuhan kebutuhan mahasiswa, yaitu dengan pemberian biasiswa, kemudahan mendapatkan informasi, pusat pelajar, biaya riset dan sebagainya. Saya lihat ini mempengaruhi semangat dan kegairahan kerja dalam pelaksanaan tugas mahasiswa. Mahasiswa juga banyak dibantu sekiranya mereka mempunyai masalah dalam menyudahkan pengajian mereka seperti adanya remediasi dan make-up test.
Secara geografi, UGM terletak di tempat yang strategik dimana Bulaksumur, Yogyakarta merupakan kota suburban yang sesuai untuk gaya hidup mahasiswa yang mana kita butuh untuk kosentrasi dalam pengajian tetapi dalam masa yang sama tetap dapat memenuhi kebutuhan yang lainnya. Kampus fakultas di UGM berada dalam lingkungan yang dekat dengan pusat bandar Yogayakarta serta kemudahan kost-kost dan asrama juga mudah didapati di kawasan ini. Sesuai dengan nama Yogyakarta sebagai kota mahasiswa, UGM sememangnya member banyak kemudahan dalam menjalani hidup sebgai mahasiswa disini.
Secara umum, dapat saya membuat konklusi disini saya gembira dan bangga menjadi mahasiswa UGM. Saya harap saya dapat memberi sedikit sebanyak menyumbang kepada variasi budaya dan sosial kepada warga UGM yang lain. Saya berterima kasih kepada semua staf dan teman-teman UGM yang lain kerana telah banyak membantu saya selama pengajian disini. Semestinya dengan ilmu yang telah diberikan, saya akan manfaatkannya di masa depan dan sentiasa memperbaiki prestasi diri saya bagi menjaga nama baik UGM.

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...