Tuesday, June 14, 2011

GLAUKOMA isn't GALAUKOMA

GLAUKOMA

Lecture by Dr Retno Ekantini SpM, M.Kes

Referensi : Ilmu Kesehatan Mata. prof. Suhardjo, dr. Hartono, slide dosen

Oleh : Reagan Resadita

Bismillahirahmanirahim.

Yuk kita berdoa sblm belajar, jangan lupa siapkan camilan dan kudapan 2 toples.

Glaukoma adalah neuropati optic yang disebabkan oleh tekanan intraocular (TIO) yang (relative) tinggi, yang ditandai oleh kelainan lapangan pandang yang khas dan atrof papil saraf prik (ilmu kesehatan mata, 2007). Rata rata TIO pada populasi adalah 18 mmHg. Tapi kalo pada orang tertentu, dimana tekanan 18 mmHg sudah menimbulkan gejala glaucoma maka bisa dibilang itu adalah glaucoma normotensi atau glaucoma tekanan rendah. Glaucoma akhir akhir ini sering menjangkiti mahasiswa, terutama mahasiswa FK, terlebih di situs jejaring sosia facebook dan twitter, biasa disebut Galaukoma Mahasiswa (gaje). Oke kembali ke galaukoma, eh glaucoma..

Glaucoma merupakan penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Glaucoma bisa dibilang pencuri penglihatan karena dia menyebabkan kebutaan tanpa disadari, seringkali akut. Hal ini diakibatkan oleh pasien tidak sadar bahwa sedang terjadi glaucoma. Gejala glaucoma adalah menghilangnya penglihatan perifer, dimulai dari tepi lapangan pandang (perrifer) dan berakhir di sentral hingga menimbulkan kebutaan total. Glaucoma yang tidak disadari ini menyebabkan kebutaan yang permanen.

GbrProduksi akuos humor.

Akuos humor di produksi oleh prosesus siliaris di camera occuli posterior, dan dialirkan ke kamera okuli anterior melalui pupil. Sebenarnya apasih fungsi dari akuos humor?? Yap bener banget ya yg diomongin temen temen (gaya v**e) fungsi akuos humor adalah untuk memberi makanan bagi jaringan avaskuler di mata dan mempertahankan bentuk bola mata. Trus apa jaringan avaskuler nya?? Lagi lagi bener banget ya yang diomongin temen temen (masih gaya V**e –peace) jaringan avaskular nya ada 2, yaitu lensa oculi dan kornea.

Drainase akuos humor.

Setelah digunakan, akus humor akan di drainase ke kanalis schlemm. Kanalis schlemm ini berada di angulus iridokorneal. Kamera okuli anterior dihubungkan kanalis schlemm melalui trabeculum meshwork. Jadi jalurnya gini KOA à trabeculum meshwork à kanalis schlemm à vena episklera. Mlalui jalur ini, 85-90% disalrkan, dari jalur uveosklera (meresap) sekitar 10-15 % akuos humor di drainase.

Patofisiologi glaucoma

Patfis dari glaucoma adalah meningkatnya tekanan intraokuler akibat dari (1) peningkatan produksi akuos humor (ditulis akuos biar gampang, daripada ditulis aqueous humor, boros huruf,, padahal semua sedang mahal, kita tidak boleh boros bahkan untuk plesira keluar negeri, gaje abis ), atau (2) drainase yang gagal. Sesuai hukum pascal, maka tekanan zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan kesegala arah dan sama besar. Berhubung mentok di depan, maka akan menekan ke belakang, yaitu kedaerah saraf optikus. Maka akan terjadi atrofi, cekungan dan kerusakan secara permanen.

Saraf optic normal memiliki rasio cup : disk sebesar 0.2-0.5, rasio C/D merupakan hasil dari perbandingan diameter Cupping (lekukan) dan diameter diskus papil saraf optic. Pada kerusakan saraf optic akibat glaucoma maka nilai C/D yang didapat ≥0.6, yang berarti kekuranganya kekurangan nya serabut saraf optic yang membentuk bingkai araf (optic rim). Pada awal kerusakan akan terjadi gangguan lapangan pandang perifer yang tidak disadari penderita. Lalu menjad pinhole vision (pandangan sempit) dan akhirnya buta, dan sinetron cinta fitri pun tamat..

Pemeriksaan Glaukoma

Text Box: Tonometri 1 Pemeriksaan glaucoma bisa menggunakan ophtalmoscope untuk melihat papil nervus optikus apakah mengalami degenerasi atau atrofi serta terlihat penggaungan (cupping) papil. Penggunaan ophtalmoskope katanya akan diajarkan di skilleb. Tanda adanya atrofi papil adalah (1) pucat, (2) batas tepi tegas, (3) lamina kribosa jelas, tanda tanda adanya cupping adalah pinggil papil temporan menipis, ekskavasi melebar, diameter vertical ≥ diameter horizontal. Untuk pemeriksaan menggunakan ophtalmoskope ini katanya merupakan kompetensi dokter umum, dan jangan lupa untuk memeriksa mata kanan pasien menggunakan mata kanan kita, dan mata kiri pasien, dilihat dengan mata kiri juga. Karena alatnya yang kecil dan pendek membuat kita menempel denga pasien, coba kalo mata kanan diperiksa mata kiri malah nanti kayak mau kissing (monggo dicoba kalo gak percaya).

Tonometri juga bisa digunakan untuk mendeteksi TIO. Tonometri schiotz (bukan schizont ya!!) ini digunakan dengna cara pasien berbaring, dan mata diberi anestesi local berupa pantokain 0.5%.. lalu alat tonomrtri yang telah diberikan beban tertentu diletakan di mata pasien, dan beban dijatuhkan. Nanti hasil diterjemahkan ke mmHg menggunakan table.

Jenis jenis glaucoma

1. Glaukoma primer sudut terbuka

Glaucoma primer sudut terbuka merupakan neuropati optic yang bersifat kronik, progresif, dan ditandai dengan rusaknya nervus optikus dan ada kelainan lapangan pandang. Disebut glaucoma primer karena penyebabnya idiopatik, disebut terbuka karena trabekulum tidak tertutup oleh penempelan kornea dan iris. Hambatan drainase akuos humor terjadi karena pada trabekulum meshwork terdapat tmbukan matriks interseluler. Glaucoma ini biasanya bilateral, progresif lambat, tenang, tidak menimbulkan keluhan. Keluhanya seperti pegal dimata, rasa tidak nyaman. Kalau pasien datang berarti lapangan pandang sudah sempit.

Px Pada pemeriksaan fisik akan didapatkan mata normal, konjungtiva normal, korne jernih, kamera okuli anterior dalam, dan pupil normal, TIO lebih dari 21mmHg, C/D lebih dari 0.6 dan lamina kribrosa tampak jelas. Kelainan lapangan pandang, dan pada gonioskopi, terlihat sudut terbuka.

Tx treatment pada pasien seperti ini adalah dengan Turunkan TIO dg obat ± 20 – 50 %, Periksa lapang pandang tiap 6-12 bln, Kalau perlu operasi filtrasi.

Ilustrasi kasus

Pak prabu, lelaki berusia 46 tahun datang dengan keluhan ketika berjalan sering menyenggol benda sekitarnya, menyenggol para wanita ABG juga sering. Bila mengendarai motor, sering kaget akibat didahului kendaraan lain, tetapi pasien merasa matanya masih normal. Pada Px TIO mata kanan 36 mmHg, dan TIO mata kiri 56 mmHg. Penggaungan pupil saraf dng Rasio C/D 0.9, mata tidak Nampak merah dan kelaian apapun pada segmen anterior. Dx à glaucoma primer sdut terbuka.

2. Glaukoma primer sudut tertutup akut

Ilustrasi kasus

Miska seorang wanita berusia 56 tahun istri pak prabu, datang dengan keluhan mata kiri terlihat merah, sakit, kabur migraine, rasa mual dan muntah. Dia berfikir hamil, tapi karena sadar sudah tidak muda lagi, akhirnya dia berfikir ada sesuatu yang salah dan lain, maka ia pergi kedokter. Pada pemeriksaan fisik ditemukan visus mata kiri 1/300, dan mata kanan 6/6. Pada mata kiri Nampak spasme palpebra, konjungtiva hiperemis, edem kornea, KOA dangkal, diameter pupil 7mm dan reflex negative. TIO mata kiri 48 mmHg, dan mata kanan 15 mmHg. Dx??

Pada glaucoma jenis ini, trabekulum meshwork tertutup oleh iris, sehingga drainase akuos terhambat, dan kenaikan TIO terjadi mendadak dan mengakibtakan gejala yang berat. Factor predisposisinya berupa kamera okuli anterior yang dangkal. Gejala yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah Mata merah Penglihatan menurun, melihat pelangi disekitar lampu, Rasa sakit pada mata, cekot-cekot(plis deh ini bahasa Indonesia nya apa ya?? mungkin kan mata berdenyut artinya?) , Sakit kepala sebelah, mual muntah. Pada pemeriksaan fisik akan ditemukan spasme palpebra, konjungtiva yang hiperemis, kornea yang edem (keruh Nampak seperti kaca es), kamera okuli anterior yang dangkal, pupil lebar dan tidak reaktif (radikal bebas kali reaktif). Pada serangan yang continue bisa menyebabkan katarak.

Terapi yang disarankan adalah rawat inap dan turukan TIO dengan segera mengunakan obat obatan yang merupakan zat hiperosmotic, inhibitor anhidrase karbonat, dan penghambat reseptor beta. Evaluasi sudut juga penting, operasi jika dibutuhkan.

3. Glaukoma sekunder sudut terbuka

Glaukoma disebut sekunder jika glaucoma tersebut disebabkan oleh keadaaan penyakit lain baik pada mata maupun penyakit sistemik. Pada glaucoma sekunder sudut terbuka, maka angulus iridokorneal terbuka. Pada glaucoma ini juga, penyebab produksi akuos humor yang berlebihan dan atau penyebab menurunnya drainase sudah memiliki sebab yang jelas. Misal ada sumbatan pada trabekulum oleh sebeb dari laposan endotel, selaput peradangan,atau membrane fibrovaskular. Penyakit yang bisa menyebabkan glaucoma misalnya uveitis, katarak hipermatur, hifema, trauma, pemakaian steroid jangka panjang de el el

Patfisnya : kerusakan jalur drainase akibat hal hal tertentu, misal penumpukan debris hasil dari katarak hipermatur, atau reaksi peradangan(uveitis) yang menimbulkan pengendapan protein, trauma luas pada trabekulum misal kena lempar sandal oleh istri atau kena lempar bola tenis (istrinya pasti atlet tenis).

Tx: sama aja sama yang lain, di turunin tekanan intra ocular.

4. Glaukoma sekunder sudut tertutup

Glaucoma sekunder sudut tertutup, sama aja kayak yang diatas, biasanya disebabkan oleh uveitis, atau lensa yang manju dan membesar sehingga menutup sudut dan menyebabkan drainase terhambat, tumor intra okuli juga bisa menyeabkan glaucoma, dan neovaskularisasi tubuh.

  1. Glaukoma kongenital

Glaucoma congenital ini harusnya dipelajari sama blok 2.1 ciri2 dari glaukomma ini, sejak lahir ada, takut sinar trus anaknya rewel, bolamata membesar biasanya satu, kornea terlihat keruh, membesar, dan edem dan TIO >21 mmHg. Hal ini disebabkan oleh saluran pembuangan yang tidak sempurna. Angka insidensinya 1:10.000 kelahiran

Patfis : patofisiologinya masih unknown, yang jelas dia disetujui karena meningkatnya TIO yang disebabkan 2 theori paling diterima. Teori pertama imperforate membrane (barkan’s) mengandung mesoderm tissue yang menutupi trabecular meshwork. Membrane ini dikatakan merupakan hasil reabsorbsi yang tidak sempurna atau pembelahanyang tdak sempurna dari embryonic angle structure. Kedua, merupakan karena disgenesis trabekular. Akibat dari 2 kejjadian ini terjadilah yang namanya gangguan aliran keluar akuos humor.

Triad khas pada infantile glaucoma adalah epiphoria, photophobia, dan blephatrospasm,, tau artnya gak?? Kalo gak tau cari deh di kamus, pasti ada.. haa atau baca dibuku )biar mau baca buku). Biasanya akan tampak dalam periode 0-6 bulan kehidupan.

Tx : medical management disini bertujuan palliative dan terapi definitifya adalah operasi goniotomy dan trabeculotomi.

  • - Oftalmoskopi à periksa saraf mata
  • - Tonometri à tekanan intra okuler
  • - Gonioskopi à saluran pembuangan
  • - Perimetri à lapagan pandang

Menurunkan TIO bisa dengan beberapa cara

  • 1. Menurunkan produksi akuos humor
  • 2. Meningkatkan pembuangan akuos humor
  • 3. Merusak badan sillier
  • 4. Membuang akuos humor ke tempat lain (operasi filtrasi)

Pilihan obat

  1. a. Beta bloker : timolol, betaxolol à produksi akuos humor turun
  2. b. Kholinerik : pilokarpin à outflow via trabecular meshwork naik
  3. c. Prostaglandin: latanoprost, travaprost à meningkatkan uveosklera outflow, 1x/hari
  4. d. Agonis adrenergic : briminidine à akuos humor turun, outflow uveoskleranaik, neuroprotektor (masih controversial)
  5. e. Prostamine : bimatoprost à outflow meningkat
  6. f. CAI inhibitor : dorsolamide brinzilamide à prouksi akuos humor turun
  7. g. Kombinasi dorsolamide dan timolol

OPERATIF

  • Â Trabekulotomi à membuat lubang yang menghubungkan kamera anterior dengan subkonjungtiva
  • Â Trabekuloplasti laser (fotokoagulator) à membuat sikatrik di trabekulum
  • Â Gonioplasti / iridioplasti à membuat sikatriks di iris perifer sehingga sudut menjadi terbuka.
  • Â Non penetrating surgery à viscocanalostomy, deep sclerotomy
  • Â Tube shunt à impant baerveldt, ahmed, molten
  • Â Siklodesstruksi à laser, krioà merusak badan silier, shng produksi akuos humor turun

KESIMPULAN : pada kasus galaukoma, TIO akan meningkat sehingga perlu dilakukan penurunan TIO untuk mengurangi efek terhadap kerusakan saraf mata secara permamen. Deteksi dini perlu dilakukan untuk mencegah terjadi kerusakan permanen dari saraf (kebutaan).

Hidup untuk menjadi orang pintar memang susah,

tapi hidup lebih susah ketika tidak menjadi orang pintar.

Masuk surga memang susah, tapi lebih susah ketika tidak masuk surga.

Sunset in airport

Yogyakarta, 12 agustus 2017 So this is the end of my (another) journey Selalu ada alasan mengapa seseorang bepergian. Sering kali un...